Visitor

Thursday, January 26, 2017

Makalah Keperawatan "Konsep Tidur"




JAWABAN
1.       Tidur adalah status perubahan kesadaran ketika persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun. Tidur dikarakteristikkan dengan aktivitas fisik yang minimal,tingkat kesadaran yang bervariasi, perubahan proses fisiologis tubuh, dan penurunan respon terhadap stimulus eksternal. Karena Tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi, itulah sebabnya jika tidur berlama-lama malah tidak sehat, karena tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi, sehingga jika kita tidur kelamaan maka akibatnya kita bukannya menjadi segar bersemangat tetapi malah loyo.
2.       Pola / tipe tidur biasa ini juga disebut NREM (Non Rapid Eye Movement = Gerakan mata tidak cepat). NREM terdiri dari empat tahap yang berbeda dari tidur. Tahap 1 dan 2 disebut tidur ringan. Tahap 3 dan 4 disebut tidur gelombang lambat

3.      RAS : retikuler terdapat dalam pangkal otak. Formasi itu menjulang naik menembus medulla, pons, otak bagian tengah, dan lalu ke hipotalamus. Formasinya tersusun dari banyak sel syaraf dan serat syaraf . Serat-seratnya mempunyai hubungan-hubungan yang meneruskan impuls-impuls ke kulit otak dan ke tali sumsum tulang belakang. Formasi retikular
     itu memungkinkan terjadinya gerakan-gerakan refleks serta yang disengaja dengan mudah,      maupun kegiatan-kegiatan kortikal yang bertalian dengan keadaan waspada.
Di waktu tidur, sistem retikular mendapat hanya sedikit rangsangan dari korteks serebral (kulit otak) serta permukaan luar tubuh. Keadaan bangun terjadi apabila sistem retikular dirangsang dengan rangsangan-rangsangan dari korteks serebral dan dari organ-organ serta sel-sel pengindraan di kulit. Umpamanya saja, jam wekker membangunkan kita dari tidur menjadi keadaan sadar apabila kita menyadari bahwa kita harus bersiap-siap untuk pergi bekerja. Perasaan-perasaan yang diakibatkan oleh kenyerian, kebisingan dan sebagainya, akan membuat orang tidak dapat tidur lewat organ-organ serta sel-sel di kulit badan. Maka keadaan tidak dapat tidur di timbulkan oleh kegiatan kulit otak serta apa yang dirasakan oleh badan      ; di waktu tidur, rangsangan-rangsangan menjadi minimal.
BSR :  Bulbar Sinkronisasi Daerah (BSR) memproduksi serotonin yang berperan dalam tidur. Termasuk hipotalamus-pikir untuk melibatkan pelepasan serotonin-luka pada hipotalamus dapat menyebabkan seseorang untuk tidur untuk waktu yang tidak normal yang lama



4.      Ritme sirkadian yang paling terkenal adalah siklus tidur manusia. Tidur dikendalikan oleh neurotransmitter, yang bertindak pada neuron di batang otak dan di sumsum tulang belakang . Sinyal yang dihasilkan oleh perjalanan SCN () ke berbagai daerah otak. Ini mengatur fungsi lain yang terkait dengan siklus tidur seperti suhu tubuh, sekresi hormon, produksi urin, dan perubahan tekanan darah.  Siklus tidur / bangun pada manusia tergantung pada cahaya dan suhu. Perubahan ini bisa menggeser atau mengacaukan siklus. Faktor eksternal yang mempengaruhi irama sirkadian disebut zeitgebers. Ini bisa apa saja dari jam alarm untuk waktu makan.
-      Tidur Light: Tahapan 1 & 2 - Selama tahap 1 dari tidur, kita hanyut dalam dan keluar dari tidur. Ini berlangsung selama sekitar beberapa menit, dan kami terbangun dengan mudah selama tahap ini. Aktivitas otot melambat selama tahap ini, dan mata kita bergerak perlahan. Mereka yang terbangun pada tahap tidur sering ingat gambar visual terfragmentasi. Pada tahap 2, denyut jantung melambat, mata berhenti gerakan dan tetes suhu tubuh.

-      Gelombang Tidur Lambat: Tahapan 3 & 4 - Tahap pertama dari tidur lambat biasanya berlangsung dua jam.Pernapasan melambat, dan kami mendapatkan kembali energi. Hormon yang dilepaskan untuk meremajakan tubuh kita. Ada penurunan aliran darah ke otak, yang diarahkan menuju pemulihan energi fisik. Sistem kekebalan tubuh diaktifkan untuk melawan penyakit dan memulihkan kesehatan.


5.      Apakah bayi, anak, orang dewasa dan lansia memiliki periode atau lama tidur yang sama ? jika tidak, sebutkan periode tidur masing-masing usia tersebut !
Jawab :
Bayi
·         Rata-rata 8-10 jam pada malam hari.
·         30% REM.
·         Bangun = pagi hari
·         Bayi yang minum ASI biasanya tidur selama periode yang lebih pendek, dengan lebih sering terbangun daripada bayi yang minum susu botol.
·         Bayi yang lebih besar tidur lebih lama daripada bayi yang lebih kecil karena kapasitas lambungnya yang lebih besar.
·         Seorang bayi usia antar 1 bulan-1 tahun tidur rata-rata 14 jam sehari.
·         Dibandingkan dengan anak-anak yang lebih besar, tidur aktif  (REM ) membentuk proporsi tidur yang lebih besar.  Sebaliknya pada bayi yang baru lahir yang tidur dan bangun bergantian sepanjang periode 24 jam, setelah usia 3 bulan periode tidur terpanjang terlihat pada malam hari.
Toodler
·         Usia 2 tahun, anak-anak biasanya tidur sepanjang malam dan tidur siang setiap hari.
·         Total tidur rata-rata 12 jam sehari.
·         Tidur siang dapat hilang pada usia 3 tahun.
·         Terbangun pada malam hari.
·         Presentase tidur REM berlanjut menurun.
·         Tidak ingintidur pada malam hari.  Ketidakinginan ini dapat berhubungan dengan kebutuhan untuk mengeksplorasi dan memuaskan keingintahuannya yang dapat menjelaskan mengapa beberapa dari mereka mencoba untuk menunda waktu tidur.
Pra Sekolah
·         Rata-rata 12 jam semalam (sekitar 20% adalah REM).
·         Usia 5 tahun, jarang tidur siang kecuali kebiasaan.
·         Biasanya mengalami kesulitan untuk rileks atau diam setelah hari-hari yang aktif dan panjang.
·         Mempunyai masalah dengan ketakutan waktu tidur, terjaga pada malam hari, atau mimpi buruk.
·         Orang tua paling berhasil untuk membawa anak usia prasekolah untuk tidur dengan membina ritual yang konsisten yang mencakup aktivitas waktu tenang sebelum tidur.
·         Biasanya, para ahli tidak merekomendasi seorang anak untuk tidur dengan orangtuanya, tetapi di beberapa kebudayaan, berbagi tempat tidur telah diterima sebagai praktik terapi.
Anak usia sekolah
·         Jumlah tidur tergantung status kesehatan dan aktivitas individu yang bersangkutan.
·         Biasanya tidak tidur siang.
·         Usia 6 tahun tidur malam rata-rata 11-12 jam.
·         Usia 11 tahun tidur sekitar 9-10 jam.
·         Anak yang lebih tua seringkali menolak untuk tidur karena ketidaksadaran terhadap kelelahan atau kebutuhan mandiri.
Dewasa muda
·         Rata-rata 6-8,5 jam.
·         Jarang sekali tidur siang.
·         20% waktu tidur adalah REM dan konsisten sepanjang hidup.
·         Tuntutan gaya hidup pengaruhi pola tidur dan dapat mengarah ke insomnia dan medikasi untuk tidur.
·         Penggunaan jangka panjang medikasi dapat mengganggu pola tidur dan memperburuk insomnia.
Dewasa tengah
·         Total waktu untuk tidur makin berkurang,
·         Tahap tidur ke 4 menururn dan sering didiagnosa terkena gangguan tidur.
·         Insomnia lazim terjadi karena perubahan dan stress usia menengah.
·         Wanita yang mengalami menopause dapat menderita insomnia dan mudah tergantung pada obat.
Lansia
·         Jumlah tidur sesuai usia, tidak berkurang.  Hanya kualitasnya berubah.
·         Episode REM memendek, terjadi penurunan progresif tidur NREM tahap 3 dan 4, bahkan ada yang tidak sampai tahap 4.
·         Kecenderungan untuk tidur siang meningkat karena seringnya terbangun pada malam hari.
·         Perubahan pola tidur lansia disebabkan oleh perubahan SSP yang mempengaruhi pengaturan tidur












TUGAS KELOMPOK
KONSEP TIDUR
 DISUSUN OLEH KELOMPOK 5.
ZULFITRIANI B
SUNARTI KARIM
SRIWAHYUNI 113
NURSINAM SAHDIN
SISKA FAJIR
REZKY FAUZI

Stikes Mega  Rezky Makassar
T.A 2012/2013

SOAL
1.    Apa yang dimaksud dengan Tidur?
2.    Apa yang dimaksud dengan NREM?
3.    Pengaturan siklus dan perubahan dalam Tidur adalah RAS dan BSR. Dimana letak dari RAS dan BSR ini? Bagaimana cara kerjanya!
4.    Siklus Tidur dipengaruhi oleh beberapa hormone seperti ACTH, GH, TSH,LH. Dimana hormone-hormon ini dihasilkan dan bagaimana mereka mempengaruhi tidur?
5.    Apakah Bayi, anak, orang dewasa dan lansia memiliki periode lama tidur yang sama? Jika tidak sebutkan periode tidur masing-masing usia tersebut!

No comments:

Post a Comment