Visitor

Thursday, January 26, 2017

Makalah MANAJEMEN SISTEM INFORMASI RS




MANAJEMEN SISTIM INFORMASI RS
Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi sebuah institusi perawatan kesehatan karena banyaknya bagian/departemen yang terlibat dalam proses perawatan pasien. Pelayanan dan manajer keperawatan harus memasukkan banyak data/informasi mengenai pasien mulai dari saat masuk hingga pasien pulang.
Saat ini komputer secara absolut penting untuk mengatur:
1. Makin kompleksnya masalah keuangan
2. Melaporkan permintaan beberapa bagian/departemen
3. Kebutuhan komunikasi dari tim perawatan kesehatan yang berbeda
4. Pengetahuan yang relevan untuk perawatan pasien
Komputer mempengaruhi praktek, administrasi, pendidikan serta penelitian, dan dampaknya akan terus meluas. Abad informasi bagi masyarakat yang besar merupakan sejarah baru dalam perubahan teknologi, dan akan terus berkembang mempengaruhi kehidupan dan pekerjaan selama beberapa dekade.
A. Perspektif Sejarah
Komputer telah dikenal sekitar lima puluh tahun yang lalu, tetapi rumah sakit lambat dalam menangkap revolusi komputer. Saat ini hampir setiap rumah sakit menggunakan jasa komputer, setidaknya untuk manajemen keuangan.
Perawat terlambat mendapatkan manfaat dari komputer, usaha pertama dalam menggunakan komputer oleh perawat pada akhir tahun 1960-an dan 1970-an mencakup:
1. Automatisasi catatan perawat untuk menjelaskan status dan perawatan pasien.
2. Penyimpanan hasil sensus dan gambaran staf keperawatan untuk analisa kecenderungan masa depan staf.
Pada pertengahan tahun 1970-an, ide dari sistem informasi rumah sakit (SIR) diterapkan, dan perawat mulai merasakan manfaat dari sistem informasi manajemen. Pada akhir tahun 1980-an memunculkan mikro-komputer yang berkekuatan besar sekali dan perangkat lunak untuk pengetahuan keperawatan seperti sistem informasi manajemen keperawatan (SIMK)

B. Sistem Informasi Rumah Sakit (SIR)
Sistem informasi rumah sakit (SIR) sangat luas, desain sistem komputer yang komplek untuk menolong komunikasi dan mengatur informasi yang dibutuhkan dari sebuah rumah sakit. Sebuah SIR akan diaplikasikan untuk perijinan, catatan medis, akuntansi, kantor, perawatan, laboratorium, radiologi, farmasi, pusat supali, mutrisi/pelayanan makan, personel dan gaji. Jumlah aplikasi-aplikasi lain dapat dimasukkan bagi beberapa bagian/departemen dan untuk beberapa tujuan yang praktikal.
Manajer-manajer perawat perlu mengenal komputer, yang mencakup mengenal istilah umum yang digunakan komputer. Pada masa depan dapat diharapkan bahwa semua pekerjaan perawat akan dipengaruhi oleh komputer, dan beberapa posisi baru akan dikembangkan bagi perawat-perawat di bidang komputer.

C. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMK)
Sistem informasi manajemen keperawatan (SIMK) merupakan paket perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk divisi pelayanan keperawatan. Paket perangkat lunak ini mempunyai program-program atau modul-modul yang dapat membentuk berbagai fungsi manajemen keperawatan. Kebanyakan SIMK mempunyai modul-modul untuk :
1. Mengklasifikasikan pasien
2. Pambentukan saraf
3. Penjadwalan
4. Catatan personal
5. Laporan bertahap
6. Pengembangan anggaran
7. Alokasi sumber dan pengendalian biaya
8. Analisa kelompok diagnosa yang berhubungan
9. Pengendalian mutu
10. Catatan pengembangan staf
11. Model dan simulasi untuk pengembilan keputusan
12. Rencana strategi
13. Rencana permintaan jangka pendek dan rencana kerja
14. Evolusi program

Modul SIMK untuk klasifikasi pasien, pengaturan staf, catatan personal, dan laporan bertahap sering berhubungan. Pasien diklasifikasikan menurut kriterianya. Informasi klasifikasi pasien dihitung berdasarkan formula beban kerja. Juga susunan pegawai yang dibutuhkan dan susunan pegawai yang sebenarnya dapat dibuat.
SIMK dan komputer dapat membuat perawatan pasien lebih efektif dan ekonomis. Perawat-perawat klinis menggunakannya untuk mengatur perawatan pasien, termasuk di dalamnya sejarah pasien, rencana perawatan, pemantauan psikologis dan tidak langsung, catatan kemajuan perawatan dan peta kemajuan. Hal ini dapat dilakukan di semua kantor/ruang perawat.
Perawat-perawat klinis dapat menggunakan SIMK untuk mengganti sistem manual pada pencatatan data. Hal ini dapat mengurangi biaya sekaligus memungkinkan peningkatan kualitas dari perawatan. Dengan sistem informasi usia, manajer perawat dapat merencanakan karier untuk mereka sendiri dan perawat klinis mereka. Karier baru di SIMK mungkin satu jawaban untuk perawat.

D. Manajemen Asuhan Keperawatan
 Model dalam Sistem Pemberian Asuhan Keperawatan
1) Metode Kasus
2) Metode Fungsional
3) Metode Perawatan Tim
4) Metode Perawatan Primer
5) Metode Keperawatan Modular
6) Metode Manajemen Kasus
Issue-issue dalam Manajemen Asuhan Keperawatan
Ada banyak issue-issue yang berkembang dalam manajemen asuhan keperawatan dimasa yang akan datang, beberapa diantaranya adalah :
1) Robotik
Robot akan membnatu perawat dalam menjelaskan beberapa tugas. Hal yang paling praktis dengan menggunakan robot yaitu penggunaan kartu elektronik, dimana digunakan untuk penyimpanan dan transpor obat-obatan, kain-kain dan persediaan-persediaan lain. Contoh lain yaitu tangan robot yang dapat digunakan untuk mengangkat yang berat. Kemungkinan aplikasi dimasa yang akan datang termasuk prosedur-prosedur yang tidak dapat untuk dibentuk seperti mata, otak, atau perbedaan tulang belakang atau prosedur dimana kontak secara langsung merupakan kontra indikasi untuk bahaya kesehatan. Seperti seorang pasien dengan tidak ada sistem kekebalan.
2) Komunikasi Suara
Komunikasi suara akan membantu perawat untuk berbicara dengan komputer mereka. Keyboard dan pembaca bar code tidak akan dibutuhkan untuk memasukkan atau mendapatkan kembali informasi komputer akan diminta untuk menampilkan informasi atau untuk mencatatnya dengan perintah suara.

3) Sistem Ahli dan Inteligensia Buatan

Kecenderungan masa depan lainnya adalah sistem ahli dan inteligensia buatan. Manajer perawat mempunyai akses ke kuantitas informasi yang besar yang memungkinkan mebantu mereka dalam membuat keputusan setiap hari. Dengan sistem ahli, manajer perawat dapat mengidentifikasi situasi manajemen, kriteria pendefinisian masalah, dan tujuan dari penanganan situasi. Manajer perawat kemudian mengevaluasi alternatif dan membuat keputusan.
Sistem ahli membuat kode pengetahuan yang relevan dan pengalaman dari ahli-ahli dan untuk memungkinkannya ada pada orang yang kurang berpengetahuan dan kurang berpengalaman. Suatu contoh dimana diperlukannya pengetahuan dan pengalaman total dari spesialis perawat klinis dibidang keperawatan ilmu neurologi, hal ini kemudian dikodekan dalam program komputer, dan dimungkinkannya ada untuk perawat melaksanakan klinis di area ilmu neurologi. Mereka akan mengkonsultasikannya untuk memecahkan masalah asuhan keperawatan.

3. Sistem Klasifikasi Pasien
Dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat, perawat perlu memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat. Pada dasarnya sistem klasifikasi pasien ini mengelompokkan pasien sesuai dengan ketergantungannya dengan perawat atau waktu dan kemampuan yang dibutuhkan untuk memberi asuhan keperawatan yang dibutuhkan.
Tujuan klasifikasi pasien adalah untuk mengkaji pasien dan pemberian nilai untuk mengukur jumlah usaha yang diperlukan untuk memenuhi perawatan yang dibutuhkan pasien (Gillies, 1994). Menurut Swanburg, tujuan klasifikasi pasien adalah untuk menentukan jumlah dan jenis tenaga yang dibutuhkan dan menentukan nilai produktivitas.
Sistem klasifikasi pasien oleh Swanburg (1999) adalah sebagai berikut :
1) Kategori I : Self care
Biasanya membutuhkan waktu : 2 jam dengan waktu rata-rata efektif 1,5 jam/24 jam.
2) Kategori II : Minimal care
Biasanya membutuhkan 3 – 4 jam dengan waktu rata-rata efektif 3,5 jam/24 jam.
3) Kategori III : Moderate care atau Intermediate care
Biasanya membutuhkan 5 – 6 jam dengan waktu rata-rata efektif 5,5 jam/24 jam.
4) Kategori IV : Extensive care atau Modified Intensive care
Biasanya membutuhkan 7– 8 jam dengan waktu rata-rata efektif 7,5 jam/24 jam.
5) Kategori V : Intensive care
Biasanya membutuhkan 10 – 14 jam dengan waktu rata-rata efektif 12 jam/24 jam.

4. Jenis kegiatan dalam asuhan keperawatan
Beban kerja seorang perawat pelaksana juga ditentukan oleh jenis kegiatan yang harus dilakukannya. Dalam memberikan pelayanan keperawatan Gillies (1994) ada tiga jenis bentuk kegiatan yaitu:
1) Kegiatan perawatan langsung
Adalah aktivitas perawatan yang diberikan oleh perawat yang ada hubungan secara khusus dengan kebutuhan fisik, psikologis dan spiritual pasien. Kebutuhan ini meliputi: komunikasi, pemberian obat, pemberian makan dan minum, kebersihan diri, serah terima pasien dan prosedur tindakan, seperti: mengukur tanda vital merawat luka, persiapan operasi, melaksanakan observasi, memasang dan observasi infus, memberikan dan mengontrol pemasangan oksigen.
2) Kegiatan perawatan tidak langsung
Adalah kegiatan tidak langsung, meliputi kegiatan-kegiatan untuk menyusun rencana perawatan, menyiapkan/memasang alat, melakukan konsultasi dengan anggota tim, menulis dan membaca catatan kesehatan/perawatan, melaporkan kondisi pasien, melaksanakan tindak lanjut dan melakukan koordinasi.

3) Kegiatan pengajaran/penyuluhan

Adalah kegiatan penyuluhan kesehatan yang diberikan pada pasien dan bersifat individual. Hal ini dimaksudkan agar materi pengajaran/penyuluhan sesuai dengan diagnosa, pengobatan yang ditetapkan, dan keadaan pola hidup pasien. Umumnya pasien memerlukan arahan yang meliputi tingkat aktivitas, pengobatan serta tindak lanjut perawatan dan dukungan masyarakat/keluarga.

DEPRESI

http://i305.photobucket.com/albums/nn231/tiar01/depresi-1.jpg
Ada berbagai jenis depresi seperti depresi berat, postpartum, manik dan atipikal. Ada lagi bentuk lain dari depresi tetapi ini adalah yang utama dan umum. Perlakuan untuk setiap kali mungkin sangat bervariasi. Namun akan ada beberapa hal umum dalam memperlakukan setiap jenis depresi.
1.Mayor Depressive Disorder:
Biasanya ketika orang mengatakan depresi atau depresi klinis, mereka lihat gangguan depresi berat. Pada gangguan ini, orang biasanya akan tidak menemukan minat dalam kegiatan yang mereka gunakan untuk menikmati sebelumnya. Mereka akan berada dalam suasana hati yang depresi dan menderita kelelahan, rasa bersalah dan perasaan tidak berharga.

Penderita akan merasa sulit untuk berkonsentrasi pada apa pun. Mereka bahkan bisa mendapatkan pikiran untuk bunuh diri dalam kasus yang ekstrim. Jika seseorang mengalami gejala seperti depresi klinis untuk jangka waktu seperti lebih dari 2 bulan, maka mungkin saja kasus gangguan depresi berat.

2. Manic Depresi:
Ini juga dikenal sebagai gangguan bipolar. Dalam hal ini, suasana hati pasien akan beralih antara tertinggi dan terendah. Akan ada fluktuasi besar dalam suasana hati dengan periode mood tinggi dan kemudian periode suasana hati yang rendah. Periode mood ditinggikan disebut sebagai manic episode. Hal ini dapat berlangsung berjam-jam dan kadang-kadang bahkan berhari-hari atau minggu. Kemudian pasien akan memukul mood rendah.

Dalam manik depresi, pasien akan merasa lebih ketika mereka memukul bad mood. Alasan untuk ini adalah bahwa mereka baru saja datang dari mood tinggi di mana mereka merasa percaya diri dan energik. Tiba-tiba mereka mengalami perasaan yang berlawanan. Hal ini mungkin untuk membingungkan dan menggagalkan penderita lebih.

3. Postpartum Depression:
Semacam ini depresi hits perempuan setelah melahirkan anak. Selama kehamilan, banyak perubahan hormon terjadi di dalam tubuh. Karena ini, mood juga bisa terpengaruh. Postpartum depresi juga disebut 'baby blues'. Kadang-kadang, gangguan ini mungkin lenyap hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Lain kali, pengobatan diperlukan.


TUGAS KELOMPOK
MANAJEMEN SISTIM INFORMASI RS DAN DEPRESI
DI SUSUN OLEH
KELOMPOK 3 KLS 1.A KEPERAWATAN
KETUA            : NURHIKMAH(113145105041)
     MODERATOR : WALDI ZUHAL(113145105057)
     SEKERTARIS  : ZULFITRIANI B(113145105060)
ANGGOTA : NURINSAN(113145105042)                  st.munawarah(113145105053)
 NURJANNAH(113145105043)              st.sulasmi(113145105054)
 RESTI RAMADANI(113145105045)     tanti aprilia utami(113145105055)     RISKAWATI(113145105046)          veronika yasinta kael(113145105056)  RISKAWATI HANAN(113145105047)   wasni wahid(113145105058)
 Rurin(113145105048)                         widyawati(113145105059)        
 Sarina alim(113145105049)
 Sartika(113145105050)
 Siska fajir(113145105051)
 Sri rahayu inggriany(113145105052)

YANG BERTANYA DAN MENJAWAB

1.   SARTIKA
Sebutkan dan  salah satu tips dalam mengatasi depresi
Jawab :  Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi depresi. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.
Yang menjawab ZULFITRIANI
2.  Wasni wahid
Bagaimana kita mengatasi depresi ?
Jawab : Kita bisa mengatasi depresi dengan bantuan seorang spesialis. Nasihat yang diberikan seorang spesialis dapat sangat bermanfaat. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk memperbaiki mekanisme biologis dalam pola pikir yang memungkinkan seseorang merasa depresi. Untuk mengatasi depresi dengan efektif, anda harus merubah pandangan dan pola pikir anda. Dengan mengubah pola pikir bagi mereka yang menderita depresi, anda bisa menciptakan perlindungan jangka panjang terhadap depresi.
Yang menjawab ST.SULASMI
3.  NUR INSAN
Sebutkan beberapa fungsi dari manajemen SIMK !
Jawab :
-Mengklasifikasi pasien
-Pembentukan saraf
-Catatan personal
-Laporan bertahap
-Penggembangan anggaran
-Alokasi sumber dan pengendalian biaya
Yang menjawab SARINA ALIM
4. ST. MUNAWARAH
     Sebutkan beberapa manjemen asuhan kesehatan !
Jawab : - Metode dalam sistem pemberian asuhan keperawatan
-       Metode keperawatan fungsional
-       Metode keperawatan kasus
-       Metode keperawatan tim
-       Metode keperawatan modular
-       Metode keperawatan primeR
Yang menjawab VERONIKA YASINTA KAEL
5 . TANTI APRILIA UTAMI
apa keuntungan dari dokumentasi berbasis komputer ?
jawab :
-Standarisasi, terdapat pelaporan data klinik yang standar yang mudah dan cepat diketahui
-Kualitas, meningkatkan kualitas informasi klinik dan sekaligus meningkatkan waktu perawat berfokus pada pemberian asuhan
-Accessibility & legibility, mudah membaca dan mendapat informasi klinik tentang semua pasien dan suatu lokasi
Yang menjawab RURIN

KATA PENGANTAR
Assalamu’alikum Wr.Wb
      Alhamdulillah atas segala rahmat dan ridho Allah SWT kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Semoga pemikiran yang kami tuangkan ke dalam makalah ini bermanfaat bagi para teman – teman serta dosen pembimbing.
      Kami berharap makalah ini dapat di manfaatkan. Dan kami menyadari bahwa makalah ini tidak lupuk dari kekurangan. Maka dari itu kami butuh masukan jika ada yang perlu kami perbaiki. Sekian dan terima kasih.

Wassalam.

PENUTUP
Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini tidaksepenuhnya sempurna. Walaupun demikian kami bersyukur dapat melaksanakan diskusi ini . karena kita dapat mempelajarinya bersama – sama dan memecahkan permasalahan dalam materi kami.
      Demikianlah pelaksanaan diskusi dari kelompok kami ,kurang lebihnya kami mohon maaf.
Wassalamu Alai’kum Warahmatullahi wabarakatuh.......







TUGAS KELOMPOK
CHATTING

DI SUSUN OLEH
KELOMPOK 3 KLS 1.A KEPERAWATAN
     MODERATOR : WIDYAWATI(113145105059)
     SEKERTARIS  : ZULFITRIANI B(113145105060)
ANGGOTA : NURHIkmah(113145105041)           SARTIKA(113145105050)                                            
       NURINSAN(113145105042)                 SISKA FAJIR(113145105051)
       NURJANNAH(113145105043)     SRI RAHAYU INGGRIANy(113145105052)
       RESTI RAMADHANI(11314510545)    ST.MUNAWARAH(113145105053)            
       RISKAWATI113145105046)                 ST.SULASMI(113145105054)
   RISKAWATI HANAN113145105047)  TANTI APRILIA UTAMI(113145105055)
       RURIN(113145105048)             VERONIKA YASINTA KAE(113145105056)
       SARINA ALIM113145105049)             WALDI ZUHAL(113145105057
                                                                            WASNI WAHID(113145105058)



YANG BERTANYA DAN MENJAWAB
1.   SRI RAHAYU INGGRIANY
Apa yang dimaksud dengan publik room dalam chating ?
Jawab : publik room yaitu suatu tempat dalam komputar yang memuat daftar teman yang sedang onlain dalam chatting, disitulah kita dapat memilih teman yang mana kita mau temani chatting.
YANG MENJAWAB WIDYAWATI
2.  RISKAWATI HANAN
Bagaimana caranya agar pasword dan ID kita tidak diketahui oleh orang lain misalnya menggunakan komputer umum ?
Jawab : hilangkan tanda cek pada kolom “remember ID & password” dan “sign in automatically pada kotak yang tempat memasukkan pasword dan ID karena jika tidak dihilangkan tanda cek itu maka pengguna komputer selanjutnya akan mengetahui pasword kita dan email kita akan diketahui orang lain.
YANG MENJAWAB ZULFITRIANI
3.  SISKA FAJIR
Apakah dampak dari chating ?
Jawab:   -Mengobrol tdk snonoh,
-Terkna Virus,
-Rematik n Otot Pegel,
-Maniak Chatting,
-Ngedate dengan orang yang tidak jelas.
-Menghbiskan banyak uang.
YANG MENJAWAB NURJANNAH

4.  TANTI APRILIA UTAMI
Apakah manfaat dari chating ?
Jawab:
*    Saranamurah dan mudah
*    Berhubungan dengan para pakar
*    Mengetahuiisi buku
*    Mendapatkan teman baru
*    Mudah konsultasi dengan siapa saja
*    Sarana belajar dan diskusi
YANG MENJAWAB RISKAWATI



No comments:

Post a Comment