Visitor

Saturday, January 28, 2017

MATERI PENYULUHAN PERAWATAN PUTING SUSU "KEBIDANAN"




SELAMAT DATANG BICIL & BICAN SELAMAT BELAJAR... SEMOGA BERMANFAAT !!!
PERAWATAN PUTTING SUSU BERMASALAH
Beberapa jenis masalah pada payudara yang khususnya timbul setelah melahirkan dan cara mengatasinya :
1.    Mengatasi Puting yang Lecet.
Untuk mengatasi rasa sakit akibat puting yang lecet adalah dengan membersihkan putting susu dengan air hangat ketika sedang mandi. Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan putting payudara, Karena sabun bias mengakibatkan putting susu menjadi kering atau iritasi.
2.      Penyumbatan pada Kelenjar Payudara.
a.       Sebelum menyusui, pijatlah payudara dengan lembut dimulai dari bagian luar, lalu perlahan-lahan bergerak kearah putting susu dan berhati-hatilah pada area yang mengeras.
b.      Menyusui sesering mungkin dengan jangka waktu yang lama. Bila bayi sudah berhenti menyusui pada saat payudara masih penuh dengan air susu, maka lanjutkan dengan mengeluarkan air susu dari payudara setiap kali habis menyusui.
c.       Tempelkan handuk halus yang sudah dibasahi dengan air hangat pada bagian payudara yang sakit selama beberapa kali dalam sehari. Pijatlah payudara dengan lembut di sekitar area yang mengalami peyumbatan kelenjarsusu, lalu perlahan-lahan turun kearah putting susu.
3.    Mengatasi Pengerasan Payudara.
a.       Menyusui sesuai kebutuhan bayi secara rutin.
b.      Mengompres payudara dengan air hangat atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui.
c.       Mengeluarkan sedikit ASI sebelum menyusui, baik secara manual maupun menggunakan pompa payudara.
d.      Mengompres payudara dengan air dingin atau es kemasan apabila payudara mengalami pengerasan yang agak berat. Lakukan pada saat tidak sedang menyusui untuk mengurangi rasa tidaknyaman dan mengurangi pembengkakan payudara.
JANGAN LUPA INVITE BBM >INSTAGRAM > & FB KAMI YAH SAY :) SALAM KENAL :)





No comments:

Post a Comment