Visitor

Wednesday, January 25, 2017

MICROTEACHING SAP PELAYANAN KB



SATUAN ACUAN PERKULIAHAN  ( SAP )
Mata Kuliah                   : PELAYANAN KB
Kode Mata Kuliah        : Bd. 308
SKS                                 : 3 SKS
Waktu Pertemuan         : 100 menit
Nama Dosen                   :

A.  TUJUAN                           :
1.      Tujuan Instruksi Umum (TIU)     :
Setelah mempraktekkaan metode-metode kontrasepsi mahasiswa terampil dalam melakukan pelayanan KB.
2.      Tujuan Instruksi Khusus (TIK)   :
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat trampil melakukan pemasangan AKDR/IUD.

B.  POKOK BAHASAN       :
Pelayanan Kontrasepsi dengan Berbagai Metode

C.  SUB POKOK BAHASAN :
Pwmasangan  AKDR (IUD)
D. KOMPETENSI DASAR  :   
Mahasiswa mampu melakukan tindakan pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim/AKDR atau IUD dengan benar dan baik.

                               


E.  KEGIATAN PRAKTIKUM
No.
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Metoda dan Media Pembelajaran
Estimasi Waktu
1.
Pendahuluan
1.   Salam pembuka
2.   Pre conference :
a.       Penyampaikan tujuan dan kompetensi yang akan dicapai
b.      Menanyakan tentang kesiapan mahasiswa
c.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya
d.      Menjawab pertanyaan mahasiswa
Menjawab salam
Mendengarkan
Menjawab pertanyaan
Menanyakan pertanyaan yang belum jelas
Mendengarkan
Metoda :
1.      Ceramah
2.      Diskusi
5 Menit
2.
Pelaksanaan
1.     Melakukan Demonstrasi cara melakukan pemasangan AKDR/IUD
2.     Menginstruksikan Masing-masing Mahasiswa mendemonstrasikan pemasangan AKDR/IUD secara bergiliran dan dinilai oleh pembimbing
Melihat
Menanyakan yang belum jelas
Mempraktekkan


Metoda :
a.    Demonstrasi
b.   Praktek


Media Pembelajaran :
a.    Handout
b.   Job sheet
c.    Penuntun belajar
d.   Daftar tilik
e.    Alat dan bahan AKDR/IUD

30 menit


60 menit
3.
Penutup
1.   Post conference
a.    Mereview kembali praktek hari ini.
b.   Memberikan kesimpulan mengenai praktek hari ini
c.    Memberikan gambaran mengenai praktek yang akan datang.
2.   Memberi salam
Menjawab pertanyaan
Mendengarkan

Mencatat/mendengarkan
Mencatat
Menjawab salam

Metoda :
a. Diskusi
b. Ceramah

Media Pembelajaran :
a. LCD/ Slide
b. White board
c. Spidol
d. Handout
15 menit


F.       EVALUASI                    :
Evaluasi diberikan disetiap akhir praktek untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan mahasiswa mengenai praktek yang telah diajarkan.

G.      SUMBER PUSTAKA   :                      
Buku Utama
1.      NRC – POGI (1996), Buku Acuan Nasional Pelayanan Keluarga Berencana.
2.      dr. Hanafi Hartanto (1994), KB damn Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan.
Buku Anjuran
1.      BKKBN, Kependudukan KB dan KIA, Bandung, Balai Litbang, 1999.
2.      BKKBN, Gerakan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, 1998.
3.      BKKBN, Paket Pelatihan Pendidikan KB, Jakarta, 1992.
4.      Biran Afandi, Kontrasepsi, Keluarga Berencana, Ilmu Kebidanan, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka, Sarwono Prawiroharjo, 1991.
5.      Mochtar R. Sinopsis Obstetri Fisiologi, Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1992, Cetakan II.
6.      IBI, Pengurus Pusat, Pedoman KB IBI, Pusat Ikatan Bidan Indonesia, 1992.
7.      Biran Afandi, Santoso Suryono S.I, Manual Pelayanan Klinik Raden Saleh, Jakarta, Fakultas Kedokteran UI, 1996.
8.      BKKBN, Paket Pelatihan KB, Buku-2, Jakarta, 1992.
9.      Soelaeman, Teknik KB, Bagian Obstetri dan Ginecologi Fakultas Kedokteran, Unpad Bandung, 1980.



 

      



No comments:

Post a Comment