SATUAN
ACUAN PERKULIAHAN ( SAP )
Mata Kuliah :
PELAYANAN
KB
Kode Mata Kuliah :
Bd. 308
SKS :
3 SKS
Waktu Pertemuan :
100 menit
Nama Dosen :
A.
TUJUAN :
1.
Tujuan
Instruksi Umum (TIU) :
Setelah mempraktekkaan metode-metode kontrasepsi
mahasiswa terampil dalam melakukan pelayanan KB.
2.
Tujuan
Instruksi Khusus (TIK) :
Pada akhir
perkuliahan mahasiswa dapat trampil melakukan
pemasangan AKDR/IUD.
B.
POKOK
BAHASAN :
Pelayanan
Kontrasepsi dengan Berbagai
Metode
C.
SUB
POKOK BAHASAN :
Pwmasangan AKDR
(IUD)
D. KOMPETENSI DASAR :
Mahasiswa mampu melakukan tindakan pemasangan
Alat Kontrasepsi Dalam Rahim/AKDR atau IUD dengan benar dan baik.
E.
KEGIATAN
PRAKTIKUM
No.
|
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Metoda
dan Media Pembelajaran
|
Estimasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1. Salam
pembuka
2. Pre
conference :
a. Penyampaikan tujuan dan
kompetensi yang akan dicapai
b. Menanyakan
tentang kesiapan mahasiswa
c. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya
d. Menjawab
pertanyaan mahasiswa
|
Menjawab
salam
Mendengarkan
Menjawab pertanyaan
Menanyakan pertanyaan yang belum jelas
Mendengarkan
|
Metoda
:
1. Ceramah
2. Diskusi
|
5 Menit
|
2.
|
Pelaksanaan
|
1.
Melakukan Demonstrasi
cara melakukan pemasangan
AKDR/IUD
2.
Menginstruksikan Masing-masing Mahasiswa mendemonstrasikan pemasangan AKDR/IUD secara bergiliran dan dinilai oleh pembimbing
|
Melihat
Menanyakan
yang belum jelas
Mempraktekkan
|
Metoda
:
a. Demonstrasi
b. Praktek
Media
Pembelajaran :
a. Handout
b. Job sheet
c. Penuntun belajar
d. Daftar tilik
e. Alat
dan bahan AKDR/IUD
|
30 menit
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
1. Post
conference
a. Mereview
kembali praktek hari
ini.
b. Memberikan
kesimpulan mengenai praktek
hari ini
c. Memberikan
gambaran mengenai praktek yang
akan datang.
2. Memberi
salam
|
Menjawab
pertanyaan
Mendengarkan
Mencatat/mendengarkan
Mencatat
Menjawab
salam
|
Metoda
:
a.
Diskusi
b.
Ceramah
Media
Pembelajaran :
a. LCD/ Slide
b. White board
c. Spidol
d. Handout
|
15 menit
|
F.
EVALUASI :
Evaluasi diberikan
disetiap akhir praktek
untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan mahasiswa
mengenai praktek
yang telah diajarkan.
G.
SUMBER
PUSTAKA :
Buku Utama
1. NRC – POGI
(1996), Buku Acuan Nasional Pelayanan Keluarga Berencana.
2. dr. Hanafi
Hartanto (1994), KB damn Kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan.
Buku Anjuran
1. BKKBN,
Kependudukan KB dan KIA, Bandung, Balai Litbang, 1999.
2. BKKBN, Gerakan
Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, 1998.
3. BKKBN, Paket
Pelatihan Pendidikan KB, Jakarta, 1992.
4. Biran Afandi,
Kontrasepsi, Keluarga Berencana, Ilmu Kebidanan, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka,
Sarwono Prawiroharjo, 1991.
5. Mochtar R.
Sinopsis Obstetri Fisiologi, Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1992,
Cetakan II.
6. IBI, Pengurus
Pusat, Pedoman KB IBI, Pusat Ikatan Bidan Indonesia, 1992.
7. Biran Afandi,
Santoso Suryono S.I, Manual Pelayanan Klinik Raden Saleh, Jakarta, Fakultas
Kedokteran UI, 1996.
8. BKKBN, Paket
Pelatihan KB, Buku-2, Jakarta, 1992.
9. Soelaeman,
Teknik KB, Bagian Obstetri dan Ginecologi Fakultas Kedokteran, Unpad Bandung,
1980.
No comments:
Post a Comment