BAGIAN
I
KONSEP PROSEDUR OPERASI
STANDAR PENYELENGGALARAAN
UJIAN PROPOSAL
Prodi
|
Mahasiswa
|
Ka
prodi
|
Pembimbing
|
LPPM
|
Lahan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
No
No
|
yes
yes
yes
|
|
No
|
|
BAGIAN II
SKENARIO
PROSES PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : ASKEB I Kehamilan
Kode mata kuliah/SKS : 01PEKERTI101/ 2 SKS
Semester : I
Pertemuan
Ke : 2, 3 & 4
Nama fasilitator
: Suriani Syahruddin, S.ST
Pokok
Bahasan : Konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi
dalam masa kehamilan
Sub Pokok Bahasan : - Anatomi
organ reproduksi wanita
-
Pertumbuhan dan
perkembangan hasil konsepsi
-
Perubahan anatomi dan
adaptasi fisiologi pada ibu hamil trimester I, II, dan III
-
Perubahan dan adaptasi
psikologi dalam masa kehamilan
Tujuan
:
Pada akhir perkuliahan Mahasiswa mampu memahami konsep dasar anatomi, fisiologi dan psikologi
dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif,
dengan indikator:
-
Ketepatan penyelesaian tugas kelompok
-
Kemampuan bekerja tim
-
Kemampuan presentasi
- Keunikan poster (inovatif)
- Ketepatan jawaban kuis
Metode pembelajaran
-
Kuliah interaktif
- Tugas
kelompok (poster)
-
Presentasi
- Kuis
Tugas Mahasiswa
-
Tugas dikerjakan secara
kelompok (7 dan 8 orang pekelompok)
-
Setiap kelompok membuat
poster berdasarkan tema yang sudah ditentukan
-
Presentasi poster tiap
kelompok
-
Mahasiswa mengerjakan
kuis yang diberikan
Kriteria
penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai
|
-
Ketepatan penyelesaian
tugas kelompok
|
2
|
|
-
Kemampuan
bekerja tim
|
2
|
|
-
Kemampuan
presentasi
|
2
|
|
- keunikan poster
|
3
|
|
- Ketepatan jawaban kuis
|
2
|
|
Total
|
11
|
Nilai Mahasiswa : =
Uraian kegiatan
Uraian
|
Kegiatan
|
|
Kegiatan dosen
|
Kegiatan mahasiswa
|
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan salam
|
1. Membalas salam
|
2. Menyampaikan sasaran pembelajaran yang ingin
dicapai
|
2. Memperhatikan
|
|
Penyajian
|
Minggu 1 : Kuliah interaktif
|
Minggu 1
|
3. Dosen menjelaskan materi mengenai cara menentukan usia kehamilan
|
3. Memperhatikan
dan mencatat poin penting dari penjelasan dosen
|
|
4. Dosen menjelaskan materi terkait perubahan anatomi
dan adaptasi fisiologi pada ibu hamil trimester I, II, dan III
|
4. Mahasiswa memperhatikan dan mengajukan pertanyaan
jika ada yang tidak dimengerti
|
|
5. Menjawab pertanyaan mahasiswa
|
5. Menyimak jawaban dosen
|
|
6. Dosen menjelaskan materi mengenai perubahan dan
adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
|
6. Memperhatikan dan mencatat poin penting dari
penjelasan dosen
|
|
7. Untuk pertemuan berikutnya dosen kemudian membagi
mahasiswa menjadi 8 kelompok
|
7. Mahasiswa berkumpul dengan anggota kelompoknya
|
|
8. Dosen memberikan tema kepada setiap kelompok
|
8. Mencatat tema yang diberikan
|
|
9. Dosen menjelaskan apa yang harus di kerjakan
mahasiswa yaitu membuat poster berdasarkan materi yang dibagikan
|
9. Mahasiswa memperhatikan penjelasan cara kerja
tugas
|
|
10. Dosen menjelaskan bahwa setiap kelompok harus
melakukan presentasi
|
10. Memperhatikan penjelasan
|
|
11. Menentukan waktu penyelesaian
Tugas
|
11. Mencatat waktu pengumpulan tugas
|
|
Minggu II :
|
Minggu II :
|
|
12. Dosen mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan
posternya
|
12. Mahasiswa mempresentasikan poster
|
|
13. Dosen menilai poster dan presentasi mahasiswa
|
13. Mempersilahkan kelompok lain untuk mengajukan
pertanyaan ataupun saran
|
|
14. Setelah semua kelompok presentasi, menyampaikan
kelompok mana yang posternya paling unik dan cara presentasinya bagus
|
14. Memberikan respon penilaian dosen
|
|
15. Memberikan masukan tentang presentasi
|
15. Memperhatikan
|
|
16. Menyampaikan kepada mahasiswa untuk mempelajari
kembali materi yang pernah diberikan sebab pada pertemuan selanjutnya akan
diadakan kuis
|
16. Mereview kembali pelajaran minggu lalu
|
|
Minggu III:
|
Minggu III:
|
|
17. Membagikan kertas pada mahasiswa
|
17. Menulis nama dan nim pada lembaran yang
dibagikan
|
|
18. Membacakan soal kuis
|
18. Mencatat soal
|
|
19. Memberikan batasan waktu penyelesaian kuis
|
19. Mengerjakan kuis dan mengumpulkan sesuai waktu
yng ditentukan
|
|
Penutup
|
20. Menyimpulkan semua materi yang pernah dipelajari
|
20. Memperhatikan penjelasan dosen
|
21. Mengucapkan salam
|
21. Menjawab salam
|
BAGIAN
III
INSTRUMEN
ASSASEMEN
RUBRIK PENILAIAN
Mata
Kuliah : ASKEB I Kehamilan
Sasaran
Pembelajaran :
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar
anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif
Soal/
tugas :
Membuat poster yang
menggambarkan anatomi organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan perkembangan
hasil konsepsi dan dipresentasikan di depan kelas
1.
Ketepatan penyelesaian tugas kelompok
Nilai
|
Deskripsi
|
4
|
Jika Tugas
diselesaikan tepat waktu
|
3
|
Jika tugas diselesaikan tetapi dikumpulkan tidak tepat
waktu
|
2
|
Jika
tugas belum selesai dikerja
|
1
|
jika tugas
tidak dikerjakan
|
2.
Kemampuan bekerja tim
Nilai
|
Deskripsi
|
4
|
Mampu bekerjasama dan semua anggota aktif dalam pengerjaan
tugas
|
3
|
Mampu bekerjasama tapi
tidak semua anggota aktif
|
2
|
Tidak mampu bekerjasama
tapi sebagian anggota tim aktif
|
1
|
Tidak mampu bekerjasama
dan tidak ada anggota yang aktif
|
3. Kemampuan presentasi
Nilai
|
Deskripsi
|
4
|
Mampu
menyampaikan isi poster dengan bahasa yang mudah dipahami
|
3
|
Mampu
melakukan presentasi tapi tidak menggunakan bahasa yang mudah dipahami
|
2
|
Jika
memahami maksud poster tapi tidak mampu presentasi
|
1
|
Tidak
memahami maksud poster dan tidak mampu presentasi
|
4. Keunikan poster (inovatif)
Nilai
|
Deskripsi
|
4
|
Mampu
berkreasi secara inovatif sesuai tema
|
3
|
Mampu
berkreasi sesuai tetapi tidak inovatif
|
2
|
Jika
poster meniru gambar yang asli dan sesuai tema
|
1
|
Jika poster tidak sama dengan tema
|
Contoh daftar ceklis rubrik penilaian untuk tugas
makalah kelompok.
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
penyelesaian tugas kelompok
|
||||
2.
|
Kemampuan bekerja tim
|
||||
3
|
Kemampuan presentasi
|
||||
4
|
Keunikan poster
(inovatif)
|
BAB
IV
EVALUASI
PROSES PEMBELAJARAN
TABEL
1 RENCANA EVALUASI PBM
MK:
ASKEB I KEHAMILAN
TABEL 1 RENCANA EVALUASI PROSES
PEMBELAJARAN
Tujuan Evaluasi : 1. Untuk pencapaian lulusan sesuai kompetensi yang
diharapkan
2. Peningkatan strategi pembelajaran
sesuai sasaran pembelajaran
3. Peningkatan
rencana pembelajaran
4. Peningkatan
kemampuan interaksi dosen dan mahasiswa
5. Peningkatan
kemampuan mengajar dosen
6. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa melalui tugas
dan ujian
No
|
Informasi yang dibutuhkan
|
Indikator
|
1
|
Kesesuaian GBRP dengan kompetensi lulusan
kampus
|
1.1. GBRP sesuai dengan kompetensi lulusan
1.2. Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran
pembelajaran dan materi kuliah
|
2
|
Rencana pembelajaran
|
2.1.
Kejelasan rencana pembelajaran
2.2.
Pelaksanaan rencana
|
3
|
Komunikasi dosen dan mahasiswa
|
3.1.
Pelaksanaan diskusi dan tanya jawab
3.2.
Penyampaian materi
|
4
|
Materi Kuliah
|
4.1. Materi yang bisa diserap
4.2. Materi yang up to date
|
5.
|
Evaluasi (Tugas, Soal)
|
4.4 Manfaat
tugas
4.5 Koreksi
tes
4.6 Proses
evaluasi
|
TABEL
2.RENCANA EVALUASI PBM
MK:
ASKEB I KEHAMILAN
NO
|
Informasi yang dibutuhkan
|
Indikator
|
Metode
|
Responden
|
Waktu
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
|||||
1
|
Kesesuaian GBRP dengan kompetensi lulusan
kampus
|
1.1 GBRP sesuai dengan kompetensi lulusan
1.2 Kesesuaian strategi pembelajaran dengan
sasaran pembelajaran dan materi kuliah
|
Observasi dan review dokumen
Observasi
|
Kuesioner
Kuesioner
|
Dosen
Dosen
|
Awal semester
Awal semester
|
2
|
Rencana pembelajaran
|
2.1 Kejelasan rencana pembelajaran
2.2 Pelaksanaan rencana
|
Observasi
Observasi
|
Kuesioner
Kuesioner
|
Dosen
Dosen
|
Awal, Tengah dan akhir semester
|
3
|
Komunikasi dosen dan mahasiswa
|
3.1 Pelaksanaan diskusi dan
tanya jawab
3.2 Penyampaian
materi
|
Observasi
Observasi
|
Kuesioner
Kuesioner
|
Mahasiswa
Mahasiswa
|
Tengah dan akhir semester
Tengah dan akhir semester
|
4
|
Materi Kuliah
|
4.1 Materi yang
bisa diserap
4.2 Materi yang up to date
|
Observasi
Observasi
|
Kuesioner
Kuesioner
|
Mahasiswa
Mahasiswa
|
Awal semester
Awal semester
|
5.
|
Evaluasi (Tugas, Soal)
|
5.1 Manfaat
tugas
5.2 Koreksi
tes
5.3 Proses
evaluasi
|
Observasi
Observasi
Observasi
|
Kuesioner
Kuesioner
Kuesioner
|
Mahasiswa
Mahasiswa
Mahasiswa
|
akhir semester
Akhir semester
Akhir semester
|
TABEL
3 DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA
Informasi yang
dibutuhkan
|
Indikator
|
Pertanyaan
|
Kesesuaian GBRP dengan
kompetensi lulusan kampus
|
1.1 GBRP sesuai dengan kompetensi lulusan
1. 2 Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran
pembelajaran dan materi kuliah
|
1.1.1. Apakah GBRP sudah sesuai dengan kompetensi lulusan yang
akan dicapai ?
4 = GBRP sangat sesuai dengan kompetensi lulusan
3 = Ada beberapa materi yang tidak sesuai dengan
kompetensi lulusan
2 = Bobot penilaian tidak sesuai dengan sasaran
pembelajaran
1 = GBRP tidak sesuai dengan kompetensi lulusan
1.1.2. Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran
pembelajaran?
4 = Strategi sangat sesuai dengan sasaran pembelajaran
100%
3 =
Kesesuaian strategi 50%
2 = Kesesuaian strategi 35%
1=
Kesesuaian materi 15 %
|
Rencana pembelajaran
|
2.1 Kejelasan rencana pembelajaran
2.2 Pelaksanaan rencana
|
2.1.1
Seberapa besar kejelasan
rencana pembelajaran mata kuliah?
4 =
sangat jelas, diterangkan dan dicetak
3 = jelas, diterangkan dan ditulis
dipapan/transparansi
2 = kurang jelas diterangkan secara lisan
1= tidak jelas dan tidak pernah dijelaskan
rencananya
2.1.2. Apakah rencana pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
4 = hamper semua terlaksana dengan baik (>75%)
3 = banyak yang terlaksana dengan baik (50-75%)
2 = sedikit yang terlaksana dengan baik ( 35%0
1 = sanagt sedikit yang terlaksana (<35%)
|
Komunikasi dosen dan mahasiswa
|
3.1 Pelaksanaan diskusi dan tanya jawab
3.2 Penyampaian materi
|
2.1.1. Rata
– rata berapa lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
4 = banyak diskusi dan sangat intensif
3 = banyak diskusi dan cukup intensif
2 = masih jarang dan kurang intensif
1 = diskusi dan Tanya jawab hanya
sekli saja
2.1.2.
Apakah bahasa
yang digunakan dalam penyampaian materi jelas?
4 = sangat jelas dan mudah dipahami
3 = jelas tapi bahasanya sulit dipahami
2 = sedikit jelas dan sedikit dipahami
1 = tidak jelas agak sulit dipahami
|
Materi Kuliah
|
4.1 Materi yang bisa diserap
4.2 Materi yang up to date
|
4.1.1 Seberapa banyak materi yang bisa anda serap dengan
jelas?
4 = hampir seluruhnya (>60%)
3 = banyak (40-60%
2 = Sedikit (20-30%)
1 = sangat sedikit (<20%)
4.2.1 seberapa banyak anda mendapat informasi yang up
to date? (Bahan bacaan terkini)
4 = sangat banyak
3 = banyak
2 = sedikit
1 = sangat sedikit
|
Evaluasi
|
5.1 Manfaat tugas
5.2 Koreksi tes
5.3 Proses evaluasi
|
5.1.1. Seberapa besar manfaat tugas yang diberikan
dosen?
4 = sanagt banyak menambah kemampuan
3 = banyak menambah kemampuan
2 = sedikit menambah kemampuan
1 = tidak terllu menambah pengetahuan
5.2.1 Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau
evaluasi?
4 = dibahas secara rinci berkas dikoreksi dan
dibagikan
3 = dibahas secara rinci tapi berkas tidak
dikembalikan
2 = dibahas secara umum berkas tidak dikembalikan
1 = tidak pernah dibahas dan tidak dikembalikan
5.3.1 Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa
berlangsung secara jelas dan akademis?
4 = Hampir semua jelas dan akademis
3 = sebagian jelas dan akademis
2 = Kurang jelas dan kurang akademis
1 = tidak jelas dan tidak akademis
|
EVALUASI
PROGRAM PERKULIAHAN
(Di
isi oleh dosen dan mahasiswa)
Kuesioner
ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan dosen dalam
proses belajar mengajar.
Petunjuk : Lingkarilah angka yang sesuai dengan pendapat anda untuk setiap
pertanyaan dibawah ini
No
|
Aspek
|
Nilai (lingkari)
|
Nilai (dipindahkan)
|
DI ISI OLEH DOSEN
|
|||
1
|
Apakah GBRP sudah
sesuai dengan kompetensi lulusan yang akan dicapai ?
|
1 2
3 4 5
|
|
2
|
Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran pembelajaran?
|
1 2
3 4 5
|
|
3
|
Seberapa besar kejelasan rencana pembelajaran mata kuliah?
|
1 2
3 4 5
|
|
4
|
Apakah rencana
pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
|
1 2
3 4 5
|
|
DI ISI OLEH MAHASISWA
|
|||
5
|
Rata – rata berapa
lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
|
1 2
3 4 5
|
|
6
|
Apakah bahasa yang
digunakan dalam penyampaian materi jelas?
|
1 2
3 4 5
|
|
7
|
Seberapa banyak materi yang
bisa anda serap dengan jelas?
|
1 2
3 4 5
|
|
8
|
seberapa banyak anda mendapat informasi yang up to date? (Bahan bacaan
terkini)
|
1 2
3 4 5
|
|
9.
|
Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau evaluasi?
|
1 2
3 4 5
|
|
10.
|
Apakah tugas / tes/UTS
mendapat koreksi atau evaluasi?
|
1 2
3 4 5
|
|
11.
|
Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa
berlangsung secara jelas dan akademis?
|
1 2
3 4 5
|
|
Total skor
|
|||
Rata – rata
|
Kriteria
penilaian
1.1.2. Apakah GBRP sudah sesuai dengan kompetensi lulusan yang
akan dicapai ?
4 = GBRP sangat sesuai dengan kompetensi lulusan
3 = Ada beberapa materi yang tidak sesuai dengan
kompetensi lulusan
2 = Bobot penilaian tidak sesuai dengan sasaran
pembelajaran
1 = GBRP tidak sesuai dengan kompetensi lulusan
1.1.3. Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran
pembelajaran?
4 = Strategi sangat sesuai
dengan sasaran pembelajaran 100%
3 = Kesesuaian strategi 50%
2 = Kesesuaian strategi 35%
1= Kesesuaian materi 15 %
|
2.1.1
Seberapa besar kejelasan
rencana pembelajaran mata kuliah?
4 =
sangat jelas, diterangkan dan dicetak
3 = jelas, diterangkan dan ditulis
dipapan/transparansi
2 = kurang jelas diterangkan secara lisan
1= tidak jelas dan tidak pernah dijelaskan
rencananya
2.1.2. Apakah rencana pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
4 = hamper semua terlaksana dengan baik (>75%)
3 = banyak yang terlaksana dengan baik (50-75%)
2 = sedikit yang terlaksana dengan baik ( 35%0
1 = sanagt sedikit yang terlaksana (<35%)
|
3.1.2 Rata – rata berapa
lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
4 = banyak diskusi dan sangat intensif
3 = banyak diskusi dan cukup intensif
2 = masih jarang dan kurang intensif
1 = diskusi dan Tanya jawab hanya
sekli saja
3.1.2.
Apakah bahasa
yang digunakan dalam penyampaian materi jelas?
4 = sangat jelas dan mudah dipahami
3 = jelas tapi bahasanya sulit dipahami
2 = sedikit jelas dan sedikit dipahami
1 = tidak jelas agak sulit dipahami
|
4.1.1 Seberapa banyak materi yang bisa anda serap
dengan jelas?
4 = hampir
seluruhnya (>60%)
3 = banyak
(40-60%
2 = Sedikit
(20-30%)
1 = sangat
sedikit (<20%)
4.2.1 seberapa banyak anda mendapat informasi yang up
to date? (Bahan bacaan terkini)
4 = sangat
banyak
3 = banyak
2 = sedikit
1 = sangat
sedikit
. Seberapa besar manfaat tugas yang diberikan dosen?
4 = sanagt
banyak menambah kemampuan
3 = banyak
menambah kemampuan
2 = sedikit
menambah kemampuan
1 = tidak
terllu menambah pengetahuan
5.2.1 Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau
evaluasi?
4 = dibahas secara rinci berkas dikoreksi dan dibagikan
3 = dibahas secara rinci tapi berkas tidak
dikembalikan
2 = dibahas secara umum berkas tidak dikembalikan
1 = tidak pernah dibahas dan tidak dikembalikan
5.3.1 Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa
berlangsung secara jelas dan akademis?
4
= Hampir semua jelas dan akademis
3 = sebagian jelas dan akademis
2
= Kurang jelas dan kurang akademis
1
=
Tidak jelas dan tidak akademis
|
HASIL
EVALUASI PROGRAM PERKULIAHAN
Responden
|
Aspek yang dnilai
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
|
Mahasiswa
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
||||
Mahasiswa
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
||||
Mahasiswa
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
||||
Mahasiswa
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
||||
Mahasiswa
|
2
|
4
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
||||
Mahasiswa
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
3
|
||||
Dosen
|
4
|
4
|
4
|
3
|
|||||||
Dosen
|
4
|
3
|
4
|
4
|
|||||||
Dosen
|
3
|
4
|
3
|
4
|
|||||||
Dosen
|
3
|
4
|
3
|
4
|
|||||||
Dosen
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||||||
Dosen
|
4
|
3
|
3
|
4
|
|||||||
Total skore
|
22
|
22
|
21
|
24
|
15
|
22
|
23
|
22
|
23
|
14
|
22
|
rata - rata
|
3.66
|
3.66
|
3.5
|
4
|
2.5
|
3.667
|
3.833
|
3.667
|
3,83
|
2.333
|
3.667
|
Krateria Penilaian
Score
Evaluasi
No comments:
Post a Comment