Visitor

Wednesday, January 25, 2017

TUGAS AKHIR PELATIHAN PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) ASKEB KEHAMILAN




BAGIAN I
KONSEP PROSEDUR OPERASI STANDAR PENYELENGGALARAAN UJIAN PROPOSAL
Prodi
Mahasiswa
Ka prodi
Pembimbing
LPPM
Lahan


Pembagian tema judul penelitian
 








                         










 

















Pengajuan judul proposal di prodi DIII
 
























     No








 

















No











 













          
ACC judul proposal
 













yes




yes       







yes



























Konsul judul
 
 






               
Diamond: Okk                             



 







               

 




Diamond: ok  


 

                           
Rounded Rectangle: Pemberian undangan
Pengantar surat ijin pengambilan data awal
 




















No



Rounded Rectangle: undangan
Diamond: ok
Penerimaan surat

 


BAGIAN II
SKENARIO PROSES PEMBELAJARAN

Mata Kuliah                    :  ASKEB I Kehamilan
Kode mata kuliah/SKS   :  01PEKERTI101/ 2 SKS
Semester                           :  I
Pertemuan Ke                 :  2, 3 & 4
Nama fasilitator                :  Suriani Syahruddin, S.ST
Pokok Bahasan                : Konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa      kehamilan
Sub Pokok Bahasan       :  -   Anatomi organ reproduksi wanita
-          Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi
-          Perubahan anatomi dan adaptasi fisiologi pada ibu hamil trimester I, II, dan III
-          Perubahan dan adaptasi psikologi dalam masa kehamilan
Tujuan :
Pada akhir perkuliahan Mahasiswa mampu memahami konsep dasar anatomi, fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif, dengan indikator:
-     Ketepatan penyelesaian tugas kelompok
-     Kemampuan bekerja tim
-     Kemampuan presentasi
-     Keunikan poster (inovatif)
-     Ketepatan jawaban kuis
Metode pembelajaran
- Kuliah interaktif
- Tugas kelompok (poster)
- Presentasi
- Kuis

Tugas Mahasiswa
-          Tugas dikerjakan secara kelompok (7 dan 8 orang pekelompok)
-          Setiap kelompok membuat poster berdasarkan tema yang sudah ditentukan
-          Presentasi poster tiap kelompok
-          Mahasiswa mengerjakan kuis yang diberikan
Kriteria penilaian
Aspek Yang Dinilai
Bobot
Nilai
-     Ketepatan penyelesaian tugas kelompok
2

-     Kemampuan bekerja tim  
2

-     Kemampuan presentasi
2

-   keunikan poster  
3

-  Ketepatan jawaban kuis
2

Total
11


Nilai Mahasiswa          :  =
Uraian kegiatan
Uraian
Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Pendahuluan
1. Mengucapkan salam
1. Membalas salam

2. Menyampaikan sasaran pembelajaran yang ingin dicapai
2. Memperhatikan
Penyajian
 Minggu 1 : Kuliah interaktif
Minggu 1

3. Dosen menjelaskan materi mengenai  cara menentukan usia kehamilan
3. Memperhatikan dan mencatat poin penting dari penjelasan dosen

4. Dosen menjelaskan materi terkait perubahan anatomi dan adaptasi fisiologi pada ibu hamil trimester I, II, dan III
4. Mahasiswa memperhatikan dan mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dimengerti

5. Menjawab pertanyaan mahasiswa
5. Menyimak jawaban dosen

6. Dosen menjelaskan materi mengenai perubahan dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
6. Memperhatikan dan mencatat poin penting dari penjelasan dosen

7. Untuk pertemuan berikutnya dosen kemudian membagi mahasiswa menjadi 8 kelompok
7. Mahasiswa berkumpul dengan anggota kelompoknya

8. Dosen memberikan tema kepada setiap kelompok
8. Mencatat tema yang diberikan

9. Dosen menjelaskan apa yang harus di kerjakan mahasiswa yaitu membuat poster berdasarkan materi yang dibagikan
9. Mahasiswa memperhatikan penjelasan cara kerja tugas

10. Dosen menjelaskan bahwa setiap kelompok harus melakukan presentasi
10. Memperhatikan penjelasan

11. Menentukan waktu penyelesaian
Tugas
11. Mencatat waktu pengumpulan tugas

Minggu II :
Minggu II :

12. Dosen mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan posternya
12. Mahasiswa mempresentasikan poster

13. Dosen menilai poster dan presentasi mahasiswa
13. Mempersilahkan kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan ataupun saran

14. Setelah semua kelompok presentasi, menyampaikan kelompok mana yang posternya paling unik dan cara presentasinya bagus
14. Memberikan respon penilaian dosen

15. Memberikan masukan tentang presentasi
15. Memperhatikan

16. Menyampaikan kepada mahasiswa untuk mempelajari kembali materi yang pernah diberikan sebab pada pertemuan selanjutnya akan diadakan kuis
16. Mereview kembali pelajaran minggu lalu

Minggu III:
Minggu III:

17. Membagikan kertas pada mahasiswa
17. Menulis nama dan nim pada lembaran yang dibagikan

18. Membacakan soal kuis
18. Mencatat soal

19. Memberikan batasan waktu penyelesaian kuis
19. Mengerjakan kuis dan mengumpulkan sesuai waktu yng ditentukan
Penutup
20. Menyimpulkan semua materi yang pernah dipelajari
20. Memperhatikan penjelasan dosen

21. Mengucapkan salam
21. Menjawab salam





BAGIAN III
INSTRUMEN ASSASEMEN
RUBRIK PENILAIAN
Mata Kuliah                             :  ASKEB I Kehamilan
Sasaran Pembelajaran            :
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif
Soal/ tugas                               :
Membuat poster yang menggambarkan anatomi organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi dan dipresentasikan di depan kelas
1.      Ketepatan penyelesaian tugas kelompok
Nilai
Deskripsi

4
Jika Tugas diselesaikan tepat waktu
3
Jika tugas diselesaikan tetapi dikumpulkan tidak tepat waktu
2
Jika tugas belum selesai dikerja
1
jika tugas tidak dikerjakan

2. Kemampuan bekerja tim                                              
Nilai
Deskripsi

4
Mampu bekerjasama  dan semua anggota aktif dalam pengerjaan tugas
3
Mampu bekerjasama tapi tidak semua anggota aktif
2
Tidak mampu bekerjasama tapi sebagian anggota tim aktif
1
Tidak mampu bekerjasama dan tidak ada anggota yang aktif

3. Kemampuan presentasi                        
Nilai
Deskripsi

4
Mampu menyampaikan isi poster dengan bahasa yang mudah dipahami
3
Mampu melakukan presentasi tapi tidak menggunakan bahasa yang mudah dipahami
2
Jika memahami maksud poster tapi tidak mampu presentasi
1
Tidak memahami maksud poster dan tidak mampu presentasi

4. Keunikan poster (inovatif)       
Nilai
Deskripsi

4
Mampu berkreasi secara  inovatif  sesuai tema
3
Mampu berkreasi sesuai tetapi tidak inovatif
2
Jika poster meniru gambar yang asli dan sesuai tema
1
 Jika poster tidak sama dengan tema

Contoh daftar ceklis rubrik penilaian untuk tugas makalah kelompok.
No
Aspek yang dinilai
Nilai
4
3
2
1
1
Ketepatan penyelesaian tugas kelompok




2.
Kemampuan bekerja tim




3
Kemampuan presentasi          




4
Keunikan poster (inovatif)     







BAB IV
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
TABEL 1 RENCANA EVALUASI PBM
MK: ASKEB I KEHAMILAN

TABEL 1 RENCANA EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
Tujuan Evaluasi        : 1. Untuk pencapaian lulusan sesuai kompetensi yang diharapkan
                                      2. Peningkatan strategi pembelajaran sesuai sasaran pembelajaran
 3. Peningkatan rencana pembelajaran
 4. Peningkatan kemampuan interaksi dosen dan mahasiswa
 5. Peningkatan kemampuan mengajar dosen
6. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa melalui tugas dan ujian
No
Informasi  yang dibutuhkan
Indikator
1
 Kesesuaian GBRP dengan kompetensi lulusan kampus
1.1. GBRP sesuai dengan  kompetensi lulusan
1.2. Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran pembelajaran dan materi kuliah
2
Rencana pembelajaran
2.1.  Kejelasan rencana pembelajaran
2.2.  Pelaksanaan rencana
3
Komunikasi dosen dan mahasiswa
3.1.  Pelaksanaan diskusi dan tanya jawab
3.2.  Penyampaian materi
4
Materi Kuliah
4.1. Materi yang bisa diserap
4.2. Materi yang up to date
5.
Evaluasi (Tugas, Soal)
4.4 Manfaat tugas
4.5 Koreksi tes
4.6 Proses evaluasi


TABEL 2.RENCANA EVALUASI PBM
MK: ASKEB I KEHAMILAN

NO
Informasi yang dibutuhkan
Indikator
Metode
Responden
Waktu
Teknik
Instrumen
1
 Kesesuaian GBRP dengan kompetensi lulusan kampus
1.1  GBRP sesuai dengan  kompetensi lulusan



1.2  Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran pembelajaran dan materi kuliah
Observasi dan review dokumen


Observasi
  
Kuesioner



   Kuesioner

Dosen



Dosen
Awal semester

Awal semester
2
Rencana pembelajaran
2.1 Kejelasan rencana pembelajaran


2.2 Pelaksanaan rencana
Observasi
  



Observasi
Kuesioner




Kuesioner



Dosen




Dosen
Awal, Tengah dan akhir semester
3
Komunikasi dosen dan mahasiswa
3.1 Pelaksanaan diskusi dan tanya jawab


3.2 Penyampaian materi

Observasi


Observasi
Kuesioner


Kuesioner
Mahasiswa


Mahasiswa
Tengah dan akhir semester
Tengah dan akhir semester
4
Materi Kuliah
4.1 Materi yang bisa diserap


4.2  Materi yang up to date


Observasi


Observasi

  Kuesioner


Kuesioner

Mahasiswa

Mahasiswa

Awal semester
Awal semester
5.
Evaluasi (Tugas, Soal)
5.1 Manfaat tugas

5.2 Koreksi tes

5.3 Proses evaluasi
Observasi

Observasi

Observasi
Kuesioner

    Kuesioner

Kuesioner

Mahasiswa

Mahasiswa

Mahasiswa
akhir semester
Akhir semester
Akhir semester
TABEL 3 DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA
Informasi yang dibutuhkan
Indikator
Pertanyaan
Kesesuaian GBRP dengan kompetensi lulusan kampus
1.1 GBRP sesuai dengan  kompetensi lulusan






1. 2 Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran pembelajaran dan materi kuliah
1.1.1. Apakah GBRP sudah sesuai dengan kompetensi lulusan yang akan dicapai ?
4 = GBRP sangat sesuai dengan kompetensi lulusan
3 = Ada beberapa materi yang tidak sesuai dengan kompetensi lulusan
2 = Bobot penilaian tidak sesuai dengan sasaran pembelajaran
1 = GBRP tidak sesuai dengan kompetensi lulusan

1.1.2. Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran pembelajaran?
4 = Strategi sangat sesuai dengan sasaran pembelajaran 100%
3 = Kesesuaian strategi 50%
2 =  Kesesuaian strategi 35%
1= Kesesuaian materi 15 %



Rencana pembelajaran
2.1 Kejelasan rencana pembelajaran




2.2 Pelaksanaan rencana
2.1.1 Seberapa besar kejelasan rencana pembelajaran mata kuliah?
           4 = sangat jelas, diterangkan dan dicetak
3 = jelas, diterangkan dan ditulis dipapan/transparansi
2 = kurang jelas diterangkan secara lisan
1= tidak jelas dan tidak pernah dijelaskan rencananya
2.1.2.  Apakah rencana pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
4 = hamper semua terlaksana dengan baik (>75%)
3 = banyak yang terlaksana dengan baik (50-75%)
2 = sedikit yang terlaksana dengan baik ( 35%0
1 = sanagt sedikit yang terlaksana (<35%)




Komunikasi dosen dan mahasiswa
3.1 Pelaksanaan diskusi dan tanya jawab






3.2 Penyampaian materi







2.1.1.      Rata – rata berapa lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
4 = banyak diskusi dan sangat intensif
3 = banyak diskusi dan cukup intensif
2 = masih jarang dan kurang intensif
1 = diskusi dan Tanya jawab hanya sekli saja
2.1.2.  Apakah bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi jelas?
4 = sangat jelas dan mudah dipahami
3 = jelas tapi bahasanya sulit dipahami
2 = sedikit jelas dan sedikit dipahami
1 = tidak jelas agak sulit dipahami




Materi Kuliah
4.1 Materi yang bisa diserap




4.2  Materi yang up to date



4.1.1   Seberapa banyak materi yang bisa anda serap dengan jelas?
4 = hampir seluruhnya (>60%)
3 = banyak (40-60%
2 = Sedikit (20-30%)
1 = sangat sedikit (<20%)
4.2.1 seberapa banyak anda mendapat informasi yang up to date? (Bahan bacaan terkini)
4 = sangat banyak
3 = banyak
2 = sedikit
1 = sangat sedikit
Evaluasi
5.1 Manfaat tugas





5.2 Koreksi tes








5.3 Proses evaluasi
5.1.1. Seberapa besar manfaat tugas yang diberikan dosen?
4 = sanagt banyak menambah kemampuan
3 = banyak menambah kemampuan
2 = sedikit menambah kemampuan
1 = tidak terllu menambah pengetahuan
5.2.1 Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau evaluasi?
4 = dibahas secara rinci berkas dikoreksi dan dibagikan
3 = dibahas secara rinci tapi berkas tidak dikembalikan
2 = dibahas secara umum berkas tidak dikembalikan
1 = tidak pernah dibahas dan tidak dikembalikan

5.3.1 Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa berlangsung secara jelas dan akademis?
4 = Hampir semua jelas dan akademis
3 = sebagian jelas dan akademis
2 = Kurang jelas dan kurang akademis
1 = tidak jelas dan tidak akademis


EVALUASI PROGRAM  PERKULIAHAN
(Di isi oleh dosen dan mahasiswa)
Kuesioner ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan dosen dalam proses belajar mengajar.
Petunjuk : Lingkarilah angka  yang sesuai dengan pendapat anda untuk setiap pertanyaan dibawah ini
No
Aspek
Nilai (lingkari)
Nilai (dipindahkan)

DI ISI OLEH DOSEN
1
Apakah GBRP sudah sesuai dengan kompetensi lulusan yang akan dicapai ?
1   2   3   4   5

2
Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran pembelajaran?
1   2   3   4   5

3
Seberapa besar kejelasan rencana pembelajaran mata kuliah?
1   2   3   4   5

4
Apakah rencana pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
1   2   3   4   5


DI ISI OLEH MAHASISWA
5
Rata – rata berapa lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
1   2   3   4   5

6
Apakah bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi jelas?
1   2   3   4   5

7
Seberapa banyak materi yang bisa anda serap dengan jelas?
1   2   3   4   5

8
seberapa banyak anda mendapat informasi yang up to date? (Bahan bacaan terkini)
1   2   3   4   5

9.
Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau evaluasi?
1   2   3   4   5

10.
Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau evaluasi?
1   2   3   4   5

11.
Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa berlangsung secara jelas dan akademis?
1   2   3   4   5


Total skor



Rata – rata



Kriteria penilaian
1.1.2. Apakah GBRP sudah sesuai dengan kompetensi lulusan yang akan dicapai ?
4 = GBRP sangat sesuai dengan kompetensi lulusan
3 = Ada beberapa materi yang tidak sesuai dengan kompetensi lulusan
2 = Bobot penilaian tidak sesuai dengan sasaran pembelajaran
1 = GBRP tidak sesuai dengan kompetensi lulusan
1.1.3. Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan sasaran pembelajaran?
4 = Strategi sangat sesuai dengan sasaran pembelajaran 100%
3 = Kesesuaian strategi 50%
2 =  Kesesuaian strategi 35%
1= Kesesuaian materi 15 %
2.1.1 Seberapa besar kejelasan rencana pembelajaran mata kuliah?
           4 = sangat jelas, diterangkan dan dicetak
3 = jelas, diterangkan dan ditulis dipapan/transparansi
2 = kurang jelas diterangkan secara lisan
1= tidak jelas dan tidak pernah dijelaskan rencananya
2.1.2.  Apakah rencana pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik ?
4 = hamper semua terlaksana dengan baik (>75%)
3 = banyak yang terlaksana dengan baik (50-75%)
2 = sedikit yang terlaksana dengan baik ( 35%0
1 = sanagt sedikit yang terlaksana (<35%)
3.1.2 Rata – rata berapa lama diskusi/Tanya jawab berlangsung setiap tatap muka?
4 = banyak diskusi dan sangat intensif
3 = banyak diskusi dan cukup intensif
2 = masih jarang dan kurang intensif
1 = diskusi dan Tanya jawab hanya sekli saja
3.1.2.  Apakah bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi jelas?
4 = sangat jelas dan mudah dipahami
3 = jelas tapi bahasanya sulit dipahami
2 = sedikit jelas dan sedikit dipahami
1 = tidak jelas agak sulit dipahami
4.1.1 Seberapa banyak materi yang bisa anda serap dengan jelas?
4 = hampir seluruhnya (>60%)
3 = banyak (40-60%
2 = Sedikit (20-30%)
1 = sangat sedikit (<20%)
4.2.1 seberapa banyak anda mendapat informasi yang up to date? (Bahan bacaan terkini)
4 = sangat banyak
3 = banyak
2 = sedikit
1 = sangat sedikit
. Seberapa besar manfaat tugas yang diberikan dosen?
4 = sanagt banyak menambah kemampuan
3 = banyak menambah kemampuan
2 = sedikit menambah kemampuan
1 = tidak terllu menambah pengetahuan
5.2.1 Apakah tugas / tes/UTS mendapat koreksi atau evaluasi?
4 = dibahas secara rinci berkas dikoreksi dan dibagikan
3 = dibahas secara rinci tapi berkas tidak dikembalikan
2 = dibahas secara umum berkas tidak dikembalikan
1 = tidak pernah dibahas dan tidak dikembalikan
5.3.1 Apakah proses evaluasi / penilaian mahasiswa berlangsung secara jelas dan akademis?
4        = Hampir semua jelas dan akademis
          3    = sebagian jelas dan akademis
2        = Kurang jelas dan kurang akademis
1        =  Tidak jelas dan tidak akademis                                                                                          



HASIL EVALUASI PROGRAM PERKULIAHAN
Responden
Aspek yang dnilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Mahasiswa




3
3
3
4
4
3
3
Mahasiswa




2
4
4
3
4
3
4
Mahasiswa




3
3
4
4
4
2
4
Mahasiswa




2
4
4
4
4
2
4
Mahasiswa




2
4
4
3
3
2
4
Mahasiswa




3
4
4
4
4
2
3
Dosen
4
4
4
3







Dosen
4
3
4
4







Dosen
3
4
3
4







Dosen
3
4
3
4







Dosen
4
4
4
4







Dosen
4
3
3
4







Total skore
22
22
21
24
15
22
23
22
23
14
22
rata - rata
3.66
3.66
3.5
4
2.5
3.667
3.833
3.667
3,83
2.333
3.667


            Krateria Penilaian                                                             Score Evaluasi                          

No comments:

Post a Comment