Visitor

Wednesday, January 25, 2017

TUGAS AKHIR PELATIHAN PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI)




PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS PEKERTI 3435

Capaian Pembelajaran :
SIKAP dan TATA NILAI
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esabertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika ;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa ;
  5. Benghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta p endapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaa.
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomuni-kasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungj awabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu  menerapkan prinsip-prinsip kebidanan sesuai dengan  paradigma dari falsafah kebidanan dan  mengenal kearifan lokal budaya dalam  memberikan  asuhan dan pelayanan kebidanan
  2. Mampu  memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi pelayanan kebidanan;
  3. Mampu  mengidentifikasi masalah-masalah kebidanan menegakkan diagnosa aktual, serta melakukan pelaksanaan masalah kebidanan
  4. Mampu mengambil keputusan tentang kegawatdaruratan dan mampu bermitra dengan profesi lainnya
  5. Memiliki kemandirian, dan rasa tanggung jawab serta mampu berkomunikasi dengan efektif dalam memberikan asuhan kebidanan
  6. Mampu  melakukan komunikasi interpersonal dan konseling dengan baikmemberikan asuhan kebidanan berdasarkan prinsip evidence based
  7. Mampu  memberikan asuhan kebidanan yang berlandaskan ketuhanan yang maha esa untuk mendukung terciptanya bidan yang etis, professional dan akuntabel
  8. Mampu  memberikan  inspirasi dan keteladanan dalam sikap dan prilaku dalam kegiatan asuhan kebidanan
PENGUASAAN ILMU dan TEKHNOLOGI
1. Menguasai ilmu-ilmu dasar asuhan kebidanan dan asuhan komunitas
2. Menguasai ilmu ilmu dasar penunjang profesi kebidanan; pendidik; peneliti dan wirausaha
3. Menguasai ilmu humaniora untuk kehidupan bersama dimasyarakat.











ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN
Nama Perguruan Tinggi                      : Universitas Pekerti 3435
Nama Fakultas                                    : Fakultas Kebidanan
Nam Departemen                                : Vokasi Kebidanan
Prodi                                                   : D3 Kebidanan
Mata Kuliah                                        : ASKEB I Kehamilan
Capaian Pembelajaran Lulusan           :
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika (ST2)
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (ST5)
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (ST9)
4. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU3)
5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8)
6. Mampu menerapkan standar praktek pelayanan yang sesuai dengan kode etik kebidanan (KK2)
7. Mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi pelayanan kebidanan (KK6)
Sasaran Belajar                                    :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atas penguasaan materi tentang : konsep dasar asuhan kehamilan (ANC), konsep dasar anatomi, fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan, pendiagnosaan kehamilan, faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan, asuhan kebidanan pada kehamilan, deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin, pendokumentasian asuhan kehamilan sehingga mampu menerapkan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai standar pelayanan kebidanan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian berdasarkan  agama, moral , dan etika serta menghargai keanekaragaman budaya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif serta mampu melakukan pendokumentasian untuk menjamin kesahihan.









 

























Entry Behavior            : Anatomi & fisiologi


GARIS BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN (GBRP)
Mata Kuliah                                                    : ASKEB I Kehamilan
Capaian Pembelajaran Lulusan                       :
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
4. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
6. Mampu menerapkan standar praktek pelayanan yang sesuai dengan kode etik kebidanan
7. Mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi pelayanan kebidanan

Sasaran Belajar                                    :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atas penguasaan materi tentang : konsep dasar asuhan kehamilan (ANC), konsep dasar anatomi, fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan, pendiagnosaan kehamilan, faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan, asuhan kebidanan pada kehamilan, deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin, pendokumentasian asuhan kehamilan sehingga mampu menerapkan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai standar pelayanan kebidanan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian berdasarkan  agama, moral , dan etika serta menghargai keanekaragaman budaya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif serta mampu melakukan pendokumentasian untuk menjamin kesahihan.

 

Pertemuan
Ke

Sasaran Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Strategi Pembelajaran
Kriteria
Penilaian
Bobot Nilai
(%)
1
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar asuhan kehamilan (ANC) melalui tugas secara tepat
Kontrak kuliah
1.1            Definisi kehamilan
1.2            Pengertian anc
1.3            Tujuan anc
1.4            Cakupan perawatan antenatal
1.5            Jadwal kunjungan ANC
1.6            Tempat pelayanan anc
1.7            Standar anc yang diprogramka



Kuliah interaktif
Tugas mandiri
(Soal essai)


1. Kehadiran (2)
2. Ketepatan menjawab soal konsep dasar ANC  (3)
3. ketepatan menyelesaikan tugas (3)




8

2, 3 & 4
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif
2.1       Anatomi organ reproduksi wanita
2.1.1 genetalia interna dan eksterna
2.1.2 panggul
2.1.3 siklus hormonal
2.2 konsepsi
2.2.1 ovum dan sperma
2.2.2 fertilisasi dan implantasi
2.3       Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi
2.3.1 pertumbuhan dan perkembangan embrio
2.3.2 struktur dan fungsi amnion
2.3.3 struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
2.3.4 struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta
2.3.5 sirkulasi darah fetus
2.3.6 menetukan usia kehamilan
2.3.7 menentukan periode kehamilan
2.4     Perubahan anatomi dan adaptasi fisiologi
          pada ibu hamil trimester I, II dan III
2.4.1 sistem reproduksi
2.4.2 payudara
2.4.3 sistem endokrin
2.4.4 sistem kekebalan
2.4.5 sistem perkemihan
2.4.6 sistem pencernaan
2.4.7 sistem musculoskeletal
2.4.8 sistem kardiovaskuler
2.4.9 sistem integumen
2.4.10 metabolisme
2.4.11 berat badan dan indeks massa tubuh
2.4.12 darah dan pembekuan darah
2.4.13 sistem pernafasan
2.4.14 sistem persyarafan
2.5    Perubahan dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
2.5.1 kehamilan pada trimester I
2.5.2 kehamilan pada trimester II
2.5.3 kehamilan pada trimester III





Kuliah interaktif
Tugas kelompok (poster)
Presentasi
Kuis

-     Ketepatan penyelesaian tugas kelompok (2)

-     Kemampuan bekerja tim (2)

-     Kemampuan presentasi (2)

-     Keunikan poster (inovatif) (3)

-     Ketepatan jawaban kuis (2)






11
5
Mahasiswa mampu memahami dan mendiagnosa kehamilan melalui praktikum secara benar
3.1   Tanda-tanda kehamilan
3.1.1 tanda tidak pasti
     3.1.2 tanda pasti
     3.1.3 tanda kemungkinan hamil
3.2   Pemeriksaan diagnostik kehamilan

Kuliah interaktif
Praktikum


-    Ketepatan memahami tanda – tanda kehamilan (2)
-    Ketepatan mendiagnosa kehamilan (3)



5
6
Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan melalui tugas secara tepat
4.1   Faktor fisik
4.1.1 status kesehatan
4.1.2 status gizi
     4.1.3 gaya hidup
     4.2    Faktor psikologi
     4.3  Faktor lingkungan, sosial budaya, fasilitas  kesehatan dan ekonomi

Kuliah interaktif
Tugas mandiri
(Makalah)
-     Sistematika penulisan makalah (2)
-     Kesesuaian isi dengan tema (2)
-     Ketepatan menyelesaikan dan mengumpulkan tugas (2)


6
7


MID TEST



Ketepatan jawaban


15

8,9 & 10





Mahasiswa mampu memahami kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan melalui tugas kelompok secara logis
 5.1   Kebutuhan fisik ibu hamil trimester I,II dan III
5.1.1 oksigen
5.1.2 nutrisi
5.1.3 personal hygiene
5.1.4 pakaian
5.1.5 eliminasi
5.1.6 seksual
5.1.7 mobilisasi, body mekanik
5.1.8 exercise / senam hamil
5.1.9 istirahat / tidur
5.1.10 imunisasi
5.1.11 traveling
5.1.12 persiapan laktasi
5.1.13 persiapan persalinan dan kelahiran bayi
5.1.14 memantau kesejahteraan janin
5.1.15 ketidaknyamanan dan cara mengatasi
5.1.16 kunjungan ulang
5.1.17 pekerjaan
5.1.18 tanda bahaya dalam kehamilan
5.2    Kebutuhan psikologi ibu hamil trimester I, II dan III
5.2.1 support keluarga
5.2.2 support dari tenaga kesehatan
5.2.3 rasa aman dan nyaman selama kehamilan
5.2.4 persiapan menjadi orang tua
5.2.5 persiapan sibling


kuliah interaktif
Role play

- Kesesuaian tema dengan penampilan (1)

- Kerjasama tim (2)
- Kemampuan berkomunikasi dengan baahasa yang mudaah dipahami (2)






5
11 & 12
Mahasiswa mampu menerapkan asuhan kehamilan sesuai standar plyanan kebidanan secara bertanggungjawab
1.1         Asuhan kehamilan kunjungan awal
1.1.1   tujuan kunjungan awal
1.1.2  pengkajian data subyektif ibu hamil
1.2         Asuhan kehamilan kunjungan ulang
1.2.1   pengertian kunjungan ulang
1.2.2   tujuan kunjungan ulang
1.2.3   mengevaluasi penemuan masalah
1.2.4   pemeriksaan pada kunjungan ulang
1.2.5   pemeriksaan fisik
1.2.6   pemeriksaan laboratorium
1.2.7   manajemen asuhan kebidanan pada setiap kunjungan

Kuliah interaktif
Praktikum
(ceklist)
-Ketepatan menerapkan asuhan kehamilan disetiap kunjungan(3)
-    Ketepatan langkah-langkah pelaksanaan pemeriksaan (5)
-    Ketepatan pemeriksaan lab (3)
-    Manajemen asuhan secara bertanggungjawab(4)




15
13 & 14
Mahasiswa mampu melaksanakan pendeteksian dini terhadap komplikasi melalui studi kasus secara logis
7.1  Tanda-tanda bahaya / komplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda
7.1.1 perdarahan pervaginam
7.1.2 hipertensi gravidarum
7.1.3 superiposed pre eklampsi
7.1.4 nyeri perut
7.2  Deteksi dini nyeri perut pada kehamilan muda
7.2.1 kista ovarium
7.2.2 apendicitis
7.2.3 sistitis
7.2.4 pielonefritis akut
7.3    Tanda bahaya kehamilan
Kuliah interaktif
Studi kasus
- Ketepatan melakukan pendeteksian dini komplikasi (4)
-    Isi laporan studi kasus : (6)
·      Ketepatan menemukan masalah
·      Ketepatan langkah dalam pemecahan masalah



10


15



Mahasiswa mampu melakukan pendokumentasian dengan metode SOAP melalui praktikum secara sahih
8.1    Pendokumentasian asuhan kehamilan
8.1.1 model-model dokumentasi asuhan
8.1.2 prinsip dokumentasi
8.1.3 aspek legal dokumentasi

- kuliah interaktif
- Praktikum
- studi kasus
-     Ketepatan menemukan masalah (3)
-     Ketepatan langkah pemecahan masalah (2)
-     Ketepatan pendokumentasian (3)
-     Kesahihan data sesuai kasus (2)


10
16


                   FINAL TEST



Ketepatan jawaban


15

TOTAL

100




MEMILIH STRATEGI PEMBELAJARAN

NO
SASARAN PEMBELAJARAN
KULIAH
DISKUSI/ PRESENTASI
PRAKTIKUM /
DEMONSTRASI STUDI KASUS
COMPUTER AIDED LEARNING
TUGAS MANDIRI/TUGAS KELOMPOK
LAIN-
LAIN
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan (ANC)





2.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan




3.
Mahasiswa mampu mendiagnosa kehamilan




4.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan





5.
Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan



6.
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan





7.
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi





8.
Mahasiswa mampu melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan


















BENTUK TUGAS
MATA KULIAH                         :     Asuhan Kebidanan Kehamilan
SEMESTER                                  :     I, 2 SKS (1 Teori, 1 Praktek)  
SASARAN PEMBELAJARAN  :     Mahasiswa mampu memahami konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan melalui tugas kelompok secara inovatif
MINGGU KE                               :     3
BENTUK TUGAS                       :     Tugas Kelompok (poster)
1. Sasaran Tugas                    
Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar anatomi, fisiologi, dan psikologi dalam masa kehamilan yang terdiri dari anatomi organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi dengan memperhatikan kesesuaian tema dengan poster, kerjasama kelompok, keterampilan presentasi, dan keunikan poster (inovatif)
2. Uraian Tugas
a. Obyek garapan        :
Membuat poster yang menggambarkan anatomi organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi
b. Yang harus dikerjakan dan batasan – batasan    :
- Anatomi organ reproduksi wanita :
·         Anatomi genetalia interna dan eksterna
·         Anatomi panggul
- Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi:
·    Pertumbuhan dan perkembangan embrio
·   Struktur dan fungsi amnion
·   Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
·   Struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta
·   Sirkulasi darah fetus


c. Metode atau cara pengerjaan :
-          Tugas dikerjakan secara kelompok (7 dan 8 orang pekelompok)
-          Setiap kelompok membuat poster berdasarkan tema yang sudah ditentukan
-          Presentasi poster tiap kelompok
3. Kriteria Penilaian :
a.       Kesesuaian tema dengan pembahasan            : 2
b.      Kemampuan bekerja tim                                 : 2
c.       Keunikan poster (inovatif)                              : 2
d.      Kemampuan presentasi                                   : 2




FORMAT KISI – KISI TES DAN NON TES
Perguruan Tinggi                     : UNIVERSITAS PEKERTI 3435
Jurusan                                    : Kebidanan
Program studi                          : Diploma III
Nama mata kuliah                   : Asuhan Kebidanan Kehamilan
Kode mata kuliah                    : 01PEKERTI101
NO
SASARAN PEMBELAJARAN
JENJANG KEMAMPUAN
Kognitif
Afektif
Psikomotor
C1
C2
C3
C4
C5
C6
A1
A2
A3
A4
A5
P1
P2
P3
P4
P5
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar ANC

Ö





Ö





Ö


2.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan

Ö







Ö





Ö
3.
Mahasiswa mampu mendiagnosa kehamilan

Ö

Ö






Ö




Ö
4.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan

Ö





Ö





Ö


5.
Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan

Ö





Ö

Ö



Ö
Ö

6.
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan


Ö





Ö

Ö


Ö


7.
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi


Ö
Ö






Ö


Ö

Ö
8.
Mahasiswa mampu melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan



Ö



Ö


Ö


Ö



Bobot Presentase Penilaian
50%
25%%
25%

Keterangan  :
C1=Ingatan; C2=Pemahaman; C3=Penerapan; C4=Analisis; C5=Evaluasi C6=berkerasi
A1=pengenalan; A2=Pemberian Respons; A3=Penghargaan  Nilai; A4=Pengorganisasian; A5=Pengamalan
P1=Meniru; P2=manipulasi; P3=ketepatan Gerakan; P4=Artikulasi; P5=Naturalisasi









PEDOMAN PENSKORAN (Marking Scheme)
No
ASPEK/KONSEP YANG DINILAI
BOBOT
NILAI
1.
Pemeriksaan apa saja yang penting dilakukan pada kunjungan awal ibu hamil
Poin Jawaban :
a.         Membangun hubungan saling percaya antara petugas kesehatan dan ibu hamil
b.        Mendeteksi masalah dan menanganinya
c.         Melakukan tindakan pencegahan seperti tetanus neonatorum, anemia kekurangan zat besi, penggunaan praktek tradisional yang merugikan
d.        Mendorong perilaku yang sehat (gizi, latihan, kebersihan dan istirahat




10

10

20


10







JUMLAH
50


No
ASPEK/KONSEP YANG DINILAI
BOBOT
NILAI
2.
Mengapa pendokumentasian asuhan pada ibu hamil penting dilakukan?
Poin jawaban :
a.       Menjamin terbitnya administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan di instansi pelayanan
b.      Sebagai bahan untuk mempertanggung jawabkan tindakan yang dilakukan pada pasiaen/klien
c.       Bila terjadi gugatan hukum maka dokumentasi kebidanan sangat membantu
d.      Sebagai data akurat yang dimiliki tentang pasien




10

10

15


15







JUMLAH
50

Nilai :             

INSTRUMEN ASSESMEN TES DAN NON TES
1.      Pertanyaan Dalam Bentuk Esai :
a.                                                              Pertanyaan Tertutup
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar!
Beri alasan imunisasi TT harus diberikan pada ibu hamil! (5)
Jawaban :
Untuk mencegah penyakit tetanus toxoid pada janin

b.                                                              Pertanyaan Terbuka
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar!
Mengapa pemantauan dan pemeriksaan ANC harus dilakukan (15)
Jawaban :
1) Pengawasan kehamilan untuk melihat apakah segalanya berlangsung normal
2) Penyuluhan pendidikan mengenai kehamilan dan bagaimana cara-cara mengatasi gejala nya.
3) Untuk mendeteksi dan mengatasi setiap kelainan yang timbul, dan untuk mengantisipasi semua masalah selama kehamilan, persalinan dan periode postnatal.
4) Pengenalan tanda – tanda bahaya kehamilan

2.      Pertanyaan Dalam Bentuk Objek
a.                                                              Pilihan Ganda Biasa
Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar!
Ny. Y datang ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya yang pertama kali. Ibu mengatakan ini kehamilan yang pertama dan ibu belum pernah mendapatkan imunisasi TT sebelumnya, Hasil pemeriksaan didapatkan keadaan umum baik dan TTV normal. Dosis pemberian imunisasi TT adalah…
A.     0,1 cc
B.     0,25 cc
C.     0,5 cc
D.    1 cc
Jawaban : C


b.                                                              Pilihan Ganda Kompleks
Beri tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar
A.    Jika (1), (2), dan (3) benar
B.     Jika (1) dan (3) benar
C.     Jika (2) dan (4) benar
D.    Jika (4) benar
Aspek yang diperiksa pada kunjungan pertama sebelum usia kehamilan 14 minggu kehamilan ibu adalah?
1)      Membangun hubungan saling percaya antara petugas kesehatan dan ibu hamil
2)      Mendeteksi masalah dan menanganinya
3)      Mendorong perilaku yang sehat(gizi, latihan dan kebersihan, istirahat dan sebagainya)
4)      kewaspadaan khusus mengenai preeklampsia (tanya ibu mengenai gejala-gejala preeklampsia, pantau tekanan darah, evaluasi oedema, periksa untuk mengetahui protenuria)
Jawaban : A
c.                                                               Hubungan Sebab Akibat
Beri tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar
A.    Pernyataan benar, alasan benar ada hubungan sebab akibat
B.     Pernyataan benar, alasan benar tapi tidak ada hubungan  sebab akibat
C.     Pernyataan salah alasan salah
D.    Pernyataan salah alasan benar

Pemeriksaan kehamilan atau ANC sangat penting dilakukan
Sebab
 Upaya preventif program pelayanan kesehatan obstetrik untuk optimalisasi pelayanan kebidanan
Jawaban : B



d.            Menjodohkan
Jodohkanlah pertanyaan pada kolom I dengan jawaban pada kolom II
Kolom I
Kolom II
1.
Kunjungan awal (1)
a.
kewaspadaan khusus mengenai preeklampsia (tanya ibu mengenai gejala-gejala preeklampsia, pantau tekanan darah, evaluasi oedema, periksa untuk mengetahui protenuria)
2.
Kunjungan ANC II
b.
deteksi letak bayi yang tidak normal atau kondisi lain yang memerlukan kelahiran rumah sakit
3.
Kunjungan ANC III
c.
Melakukan tindakan pencegahan seperti tetanus neonatorum, anemia kekurangan zat besi, penggunaan praktek tradisional yang merugikan


d.
palpasi abdominal untuk mengetahui apakah ada kehamilan ganda

Jawaban :
1)      Kunjungan Awal (c)
2)      Kunjungan ANC II (a)
3)      Kunjungan ANC III (d)
e.                                                               Benar- Salah
Pilihlah B, jika pernyataan dibawah ini benar dan S jika pernyataan dibawah ini salah
B – S        :  Imunisasi TT bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus toxoid pada janin.
Jawaban : B

f. Daftar Ceklist
Nama               :  ………………………………………………………….
NIM                :  ……………………………………………………….....
Tanggal           :  ………………………………………………………….
NO
PENUNTUN
NILAI

0
1
2

A.
SIKAP

1.
Menyapa klien dengan ramah dan sopan




2.
Memperkenalkan diri kepada klien




3.
Merespon terhadap reaksi pasien




4.
Percaya diri




5.
Menjaga privasi klien




B.
CONTENT
6.
Menjelaskan tujuan dan prosedur yang akan dilakukan




7.
Mempersiapkan alat:
-          Tempat tidur
-          Jam
-          Selimut
-          Pengukur tinggi badan
-          Timbangan berat badan
-          Tensi meter
-          Stetoskop
-          Pengukur LILA
-          Thermometer
-          Senter
-          Spatula
-          Garpu tala
-          Pita meter
-          Jangka panggul
-          Fetoskop
-          Hamer
-          Sarung tangan 1 pasang
-          Kapas sublimat
-          Bengkok
-          Handuk
-          Kom berisi betadine
-          Baskom berisi larutan clorin 0,5%




8.
Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir




9.
Mengukur Tinggi dan Berat Badan




10.
Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, lalu mengeringkan dengan handuk




11.
Mengukur tanda-tanda vital: tekanan darah, nadi, suhu,   pernafasan, dan LILA.




12.
Menganjurkan ibu untuk mberbaring ditempat tidur dan tutupi ibu dengan selimut




13.
Melakukan pemeriksaan pada kepala dan menilai kebersihan kepala serta oedema




14.
Melakukan pemeriksaan pada wajah, pembengkakan wajah dan kloasma gravidarum




15.
Melakukan pemeriksaan pada mata
-          Konjungtiva
-          Skler
-          Polip pada mata




16.
Melakukan pemeriksaan pada telinga
-          Kebersihan telinga
-          Pendengaran




17.
Memeriksa pada hidung dari arah depan dengan memeriksa septum hidung berada ditengah atau tidak adakah benda asing, sekret hidung, perdarahan dan polip




18.
Memeriksa mulut untuk melihat:
·       Rongga mulut :diperiksa adakah   stomatis,kemampuan menggigit, mengunyah dan menelan.
·       Bibir : simetris, lesi, kelembaban, pengelupasan dan bengkak.
·       Gusi : warna dan oedema
·       Gigi : karang gigi, caries, gigi tanggal dan jumlah gigi.
·       Lidah : warna, luka, bercak dan pembengkakan.
·       Kerongkongan: tongsis, peradangan dan lendir/sekret.




19.
Memeriksa leher untuk melihat pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan pembesaran vena jugularis




20.
Melakukan inspeksi pada dada dan palpasi payudara untuk menilai pembengkakan atau oedema




21.
Memeriksa pada abdomen
·      Leopoid I
Untuk menentukan tinggi fundus uteri, rentangkan pita mengikuti linea dinding depan abdomen hingga ke puncak pundus kemudian mengukur dengan jari atau pita senti.
·      Leopoid II
Untuk menentukan bagian-bagian dari janin punggung kiri/ punggung kanan.
·      Leopoid III
Untuk menentukan bagian terendah janin.
·      Leopoid IV
Untuk menentukan divergen/konvergen
Mendengarkaan DJJ




22.
Mengukur panggul
·       Distansia spinarum (23-26)
·       Distansia cristarum (26-29)
·       Tuberum (8-10)
·       Boudelog (18-20)




23.
Memeriksa pada ekstremitas bawah
Lakukan palpasi pada pada tungkai bagian bawah apakah ada oedema dan varises




24.
Memakai sarung tangan




25.
Memeriksa genetalia dan anus apakah ada odema




26.
Melepaskan sarung tangan dalam larutan clorin 0,5% secara terbalik dan direndam selama 10 menit.




27.
Melakukan refleks patella




28.
Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir




29.
Menjelaskan hasil pemeriksaan dan melakukan pendokumentasian




C.
TEHNIK

30.
Teruji melaksanakan secara sistematis




31.
Teruji menggunakan bahasa yang mudah dimengerti




32.
Memperhatikan keamanan saat pelaksanaan




33.
Memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan umpan balik




34.
Mendokumentasikan hasil tindakan




Flowchart: Alternate Process: Nilai Mahasiswa = (Jumlah Skor)/(Jumlah Keseluruhan)   x 100 =

Catatan  :  
-          Mahasiswa dinyatakan lulus jika tidak ada nilai 1
-          Nilai minimal kelulusan adalah B
Kriteria skor penilaian adalah sebagai berikut :
A = ≥ 85          B = 75 – 85     C = 63 – 74       D = 50 – 62

Makassar,…………………….2016

               Dosen Pembimbing

(.............................................)
 



                    Mahasiswa

(.............................................)
 







g. Kuesioner
Nama Mahasiswa         :
Tanggal Wawancara    :
Petunjuk                       :
Berilah tanda (Ö) ditempat yang telah disediakan dalam tabel berikut, umtuk setiap kegiatan yang dilakukan.
No
Pertanyaan
Jawaban
Ya
Tidak
1.
Menjelaskan prosedur tindakan sebelum melakukan pemeriksaan fisik ibu hamil


2.
Memeriksa leher untuk melihat pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan pembesaran vena jugularis


3.
Memperhatikan keamanan saat pelaksanaan pemeriksan fisik ibu hamil


4.
Menjelaskan hasil pemeriksaan dan melakukan pendokumentasian


5.
Memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan umpan balik


6.
Konseling tentang tanda – tanda bahaya kehamilan 













h. Rubrik Penskoran
Tugas                        :
Jenis Perasat             :  Pemeriksaan Fisik Ibu Hamil
Nama Mahasiswa     :
Tanggal Penilaian     :
Nilailah setiap kinerja langkah yang diamati dengan memberikan nilai pada skala dengan kriteria sebagai berikut :
0.      Tidak Memuaskan   :  Langkah/tugas tidak dikerjakan dengan benar /                                       dihilangkan
1. Cukup                       :  Langkah dikerjakan dengan benar dan berurutan tetapi                                         masih dibimbing
2. Memuaskan               :  Langkah dilakukan dengan benar, tepat tanpa ragu –                                          ragu, dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan.
 
 










Makassar,     Desember 2016
Pembimbing


(Suriani Syahruddin, S.ST)











No comments:

Post a Comment