PROGRAM
STUDI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS PEKERTI 3435
Capaian
Pembelajaran :
SIKAP
dan TATA NILAI
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esabertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika ;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa ;
- Benghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta p endapat atau temuan orisinal orang lain;
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaa.
KETERAMPILAN
UMUM
- Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
- Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomuni-kasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
- Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
- Mampu bertanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungj awabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KETERAMPILAN
KHUSUS
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip kebidanan sesuai dengan paradigma dari falsafah kebidanan dan mengenal kearifan lokal budaya dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan
- Mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi pelayanan kebidanan;
- Mampu mengidentifikasi masalah-masalah kebidanan menegakkan diagnosa aktual, serta melakukan pelaksanaan masalah kebidanan
- Mampu mengambil keputusan tentang kegawatdaruratan dan mampu bermitra dengan profesi lainnya
- Memiliki kemandirian, dan rasa tanggung jawab serta mampu berkomunikasi dengan efektif dalam memberikan asuhan kebidanan
- Mampu melakukan komunikasi interpersonal dan konseling dengan baikmemberikan asuhan kebidanan berdasarkan prinsip evidence based
- Mampu memberikan asuhan kebidanan yang berlandaskan ketuhanan yang maha esa untuk mendukung terciptanya bidan yang etis, professional dan akuntabel
- Mampu memberikan inspirasi dan keteladanan dalam sikap dan prilaku dalam kegiatan asuhan kebidanan
PENGUASAAN ILMU dan TEKHNOLOGI
1. Menguasai
ilmu-ilmu dasar asuhan kebidanan dan asuhan komunitas
|
ANALISIS
KEBUTUHAN PEMBELAJARAN
Nama Perguruan Tinggi : Universitas Pekerti 3435
Nama Fakultas : Fakultas
Kebidanan
Nam Departemen : Vokasi
Kebidanan
Prodi : D3 Kebidanan
Mata Kuliah : ASKEB I Kehamilan
Capaian Pembelajaran Lulusan :
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika (ST2)
2.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat
atau temuan orisinal orang lain (ST5)
3.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri (ST9)
4.
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan
bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan
bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU3)
5.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data
untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8)
6.
Mampu menerapkan standar praktek pelayanan yang sesuai dengan kode etik
kebidanan (KK2)
7.
Mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi
pelayanan kebidanan (KK6)
Sasaran
Belajar :
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atas
penguasaan materi tentang : konsep dasar asuhan kehamilan (ANC), konsep dasar
anatomi, fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan, pendiagnosaan kehamilan,
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, kebutuhan dasar ibu hamil sesuai
tahap perkembangan, asuhan kebidanan pada kehamilan, deteksi dini terhadap
komplikasi ibu dan janin, pendokumentasian asuhan kehamilan sehingga mampu menerapkan
pelayanan yang bermutu tinggi sesuai standar pelayanan kebidanan
dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian berdasarkan agama, moral , dan etika serta menghargai keanekaragaman
budaya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab
dalam memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan
bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran
logis, inovatif serta mampu melakukan pendokumentasian
untuk menjamin kesahihan.
Entry Behavior : Anatomi & fisiologi
GARIS BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN (GBRP)
Mata
Kuliah :
ASKEB I Kehamilan
Capaian
Pembelajaran Lulusan :
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral , dan etika
2.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat
atau temuan orisinal orang lain
3.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri
4.
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan
bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan
bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
5.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data
untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
6.
Mampu menerapkan standar praktek pelayanan yang sesuai dengan kode etik kebidanan
7.
Mampu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi sesuai dengan standar kompetensi
pelayanan kebidanan
Sasaran
Belajar :
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atas
penguasaan materi tentang : konsep dasar asuhan kehamilan (ANC), konsep dasar
anatomi, fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan, pendiagnosaan kehamilan,
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, kebutuhan dasar ibu hamil sesuai
tahap perkembangan, asuhan kebidanan pada kehamilan, deteksi dini terhadap
komplikasi ibu dan janin, pendokumentasian asuhan kehamilan sehingga mampu menerapkan
pelayanan yang bermutu tinggi sesuai standar pelayanan kebidanan dengan
menjunjung tinggi nilai kemanusian berdasarkan
agama,
moral , dan etika serta menghargai keanekaragaman budaya dengan menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan
konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran
logis, inovatif serta mampu
melakukan pendokumentasian untuk menjamin
kesahihan.
Pertemuan
Ke
|
Sasaran Pembelajaran
|
Materi Pembelajaran
|
Strategi Pembelajaran
|
Kriteria
Penilaian
|
Bobot Nilai
(%)
|
1
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep dasar asuhan kehamilan (ANC)
melalui tugas secara tepat
|
Kontrak kuliah
1.1
Definisi kehamilan
1.2
Pengertian anc
1.3
Tujuan anc
1.4
Cakupan perawatan antenatal
1.5
Jadwal kunjungan ANC
1.6
Tempat pelayanan anc
1.7
Standar anc yang diprogramka
|
Kuliah interaktif
Tugas mandiri
(Soal essai)
|
1. Kehadiran (2)
2. Ketepatan menjawab soal konsep dasar ANC (3)
3. ketepatan menyelesaikan
tugas (3)
|
8
|
2, 3 & 4
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa
kehamilan
melalui tugas kelompok secara inovatif
|
2.1 Anatomi organ reproduksi wanita
2.1.1 genetalia
interna dan eksterna
2.1.2 panggul
2.1.3 siklus hormonal
2.2 konsepsi
2.2.1 ovum dan sperma
2.2.2 fertilisasi dan implantasi
2.3 Pertumbuhan dan perkembangan hasil
konsepsi
2.3.1 pertumbuhan dan perkembangan embrio
2.3.2 struktur dan fungsi amnion
2.3.3 struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
2.3.4 struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta
2.3.5 sirkulasi darah fetus
2.3.6 menetukan usia kehamilan
2.3.7 menentukan periode kehamilan
2.4 Perubahan anatomi dan adaptasi fisiologi
pada
ibu hamil trimester I, II dan III
2.4.1 sistem reproduksi
2.4.2 payudara
2.4.3 sistem endokrin
2.4.4 sistem kekebalan
2.4.5 sistem perkemihan
2.4.6 sistem pencernaan
2.4.7 sistem musculoskeletal
2.4.8 sistem kardiovaskuler
2.4.9 sistem integumen
2.4.10 metabolisme
2.4.11 berat badan dan indeks massa tubuh
2.4.12 darah dan pembekuan darah
2.4.13 sistem pernafasan
2.4.14 sistem persyarafan
2.5 Perubahan dan adaptasi psikologis dalam
masa kehamilan
2.5.1 kehamilan pada trimester I
2.5.2 kehamilan pada trimester II
2.5.3 kehamilan pada trimester III
|
Kuliah interaktif
Tugas kelompok (poster)
Presentasi
Kuis
|
-
Ketepatan penyelesaian tugas kelompok (2)
-
Kemampuan bekerja tim (2)
-
Kemampuan presentasi (2)
-
Keunikan
poster (inovatif) (3)
-
Ketepatan
jawaban kuis (2)
|
11
|
5
|
Mahasiswa mampu memahami
dan mendiagnosa kehamilan melalui
praktikum secara benar
|
3.1 Tanda-tanda
kehamilan
3.1.1 tanda tidak pasti
3.1.2 tanda pasti
3.1.3 tanda
kemungkinan hamil
3.2 Pemeriksaan diagnostik
kehamilan
|
Kuliah interaktif
Praktikum
|
-
Ketepatan memahami tanda –
tanda kehamilan (2)
-
Ketepatan mendiagnosa kehamilan
(3)
|
5
|
6
|
Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan melalui tugas
secara tepat
|
4.1 Faktor
fisik
4.1.1 status kesehatan
4.1.2 status gizi
4.1.3 gaya
hidup
4.2 Faktor psikologi
4.3 Faktor lingkungan, sosial
budaya, fasilitas kesehatan dan
ekonomi
|
Kuliah interaktif
Tugas mandiri
(Makalah)
|
-
Sistematika
penulisan makalah (2)
-
Kesesuaian
isi dengan tema (2)
-
Ketepatan menyelesaikan dan mengumpulkan tugas (2)
|
6
|
7
|
MID TEST
|
Ketepatan jawaban
|
15
|
||
8,9 & 10
|
Mahasiswa mampu memahami
kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan
melalui tugas kelompok secara logis
|
5.1 Kebutuhan fisik ibu hamil trimester I,II
dan III
5.1.1 oksigen
5.1.2 nutrisi
5.1.3 personal hygiene
5.1.4 pakaian
5.1.5 eliminasi
5.1.6 seksual
5.1.7 mobilisasi, body mekanik
5.1.8 exercise / senam hamil
5.1.9 istirahat / tidur
5.1.10 imunisasi
5.1.11 traveling
5.1.12 persiapan laktasi
5.1.13 persiapan persalinan dan kelahiran bayi
5.1.14 memantau kesejahteraan janin
5.1.15 ketidaknyamanan dan cara mengatasi
5.1.16 kunjungan ulang
5.1.17 pekerjaan
5.1.18 tanda bahaya dalam kehamilan
5.2 Kebutuhan
psikologi ibu hamil trimester I, II dan III
5.2.1 support keluarga
5.2.2 support dari tenaga kesehatan
5.2.3 rasa aman dan nyaman selama kehamilan
5.2.4 persiapan menjadi orang tua
5.2.5 persiapan sibling
|
kuliah interaktif
Role play
|
- Kesesuaian
tema dengan penampilan (1)
- Kerjasama
tim (2)
- Kemampuan berkomunikasi
dengan baahasa yang mudaah dipahami (2)
|
5
|
11 & 12
|
Mahasiswa mampu menerapkan asuhan kehamilan sesuai standar plyanan kebidanan
secara bertanggungjawab
|
1.1
Asuhan kehamilan kunjungan awal
1.1.1
tujuan kunjungan awal
1.1.2
pengkajian data subyektif ibu hamil
1.2
Asuhan kehamilan kunjungan ulang
1.2.1
pengertian kunjungan ulang
1.2.2
tujuan kunjungan ulang
1.2.3
mengevaluasi penemuan masalah
1.2.4
pemeriksaan pada kunjungan ulang
1.2.5
pemeriksaan
fisik
1.2.6
pemeriksaan
laboratorium
1.2.7
manajemen asuhan
kebidanan pada setiap kunjungan
|
Kuliah interaktif
Praktikum
(ceklist)
|
-Ketepatan menerapkan asuhan kehamilan disetiap
kunjungan(3)
-
Ketepatan langkah-langkah pelaksanaan pemeriksaan (5)
-
Ketepatan pemeriksaan lab
(3)
-
Manajemen
asuhan secara bertanggungjawab(4)
|
15
|
13 & 14
|
Mahasiswa mampu melaksanakan pendeteksian
dini terhadap komplikasi melalui studi
kasus secara logis
|
7.1 Tanda-tanda
bahaya / komplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda
7.1.1 perdarahan pervaginam
7.1.2 hipertensi gravidarum
7.1.3 superiposed pre eklampsi
7.1.4 nyeri perut
7.2 Deteksi dini nyeri perut pada kehamilan muda
7.2.1 kista ovarium
7.2.2 apendicitis
7.2.3 sistitis
7.2.4
pielonefritis akut
7.3 Tanda bahaya kehamilan
|
Kuliah interaktif
Studi kasus
|
- Ketepatan melakukan pendeteksian dini komplikasi (4)
-
Isi laporan studi kasus : (6)
·
Ketepatan
menemukan masalah
·
Ketepatan
langkah dalam pemecahan masalah
|
10
|
15
|
Mahasiswa mampu melakukan
pendokumentasian dengan metode SOAP melalui praktikum secara sahih
|
8.1
Pendokumentasian asuhan kehamilan
8.1.1 model-model dokumentasi asuhan
8.1.2 prinsip dokumentasi
8.1.3 aspek legal dokumentasi
|
- kuliah interaktif
- Praktikum
- studi kasus
|
-
Ketepatan menemukan masalah (3)
-
Ketepatan langkah pemecahan
masalah (2)
-
Ketepatan pendokumentasian (3)
-
Kesahihan data sesuai kasus (2)
|
10
|
16
|
FINAL TEST
|
Ketepatan jawaban
|
15
|
||
TOTAL
|
100
|
MEMILIH STRATEGI PEMBELAJARAN
NO
|
SASARAN
PEMBELAJARAN
|
KULIAH
|
DISKUSI/
PRESENTASI
|
PRAKTIKUM
/
DEMONSTRASI
STUDI KASUS
|
COMPUTER
AIDED LEARNING
|
TUGAS
MANDIRI/TUGAS KELOMPOK
|
LAIN-
LAIN
|
1.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep dasar asuhan kehamilan (ANC)
|
||||||
2.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan
|
||||||
3.
|
Mahasiswa mampu mendiagnosa
kehamilan
|
||||||
4.
|
Menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi kehamilan
|
||||||
5.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan
|
||||||
6.
|
Mahasiswa mampu melakukan
asuhan kebidanan pada kehamilan
|
||||||
7.
|
Mahasiswa mampu melaksanakan
deteksi dini terhadap komplikasi
|
||||||
8.
|
Mahasiswa mampu melakukan
pendokumentasian asuhan kehamilan
|
BENTUK TUGAS
MATA KULIAH : Asuhan Kebidanan Kehamilan
SEMESTER : I, 2 SKS (1 Teori, 1 Praktek)
SASARAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa mampu
memahami konsep dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan
melalui tugas kelompok secara inovatif
MINGGU KE : 3
BENTUK TUGAS : Tugas Kelompok (poster)
1. Sasaran Tugas
Mahasiswa
diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar anatomi, fisiologi, dan psikologi
dalam masa kehamilan yang terdiri dari anatomi
organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi dengan
memperhatikan kesesuaian tema dengan poster, kerjasama kelompok, keterampilan presentasi,
dan keunikan poster (inovatif)
2. Uraian Tugas
a. Obyek garapan :
Membuat
poster yang menggambarkan anatomi organ reproduksi wanita, Pertumbuhan dan
perkembangan hasil konsepsi
b. Yang harus dikerjakan dan batasan –
batasan :
-
Anatomi organ reproduksi wanita :
·
Anatomi
genetalia interna dan eksterna
·
Anatomi
panggul
-
Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi:
· Pertumbuhan dan
perkembangan embrio
· Struktur dan fungsi amnion
· Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
· Struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta
· Sirkulasi darah fetus
c.
Metode atau cara pengerjaan :
-
Tugas dikerjakan secara kelompok (7 dan 8 orang pekelompok)
-
Setiap kelompok membuat poster berdasarkan tema yang sudah ditentukan
-
Presentasi
poster tiap kelompok
3. Kriteria Penilaian :
a. Kesesuaian
tema dengan pembahasan : 2
b. Kemampuan bekerja tim :
2
c. Keunikan poster (inovatif) : 2
d. Kemampuan presentasi :
2
FORMAT
KISI – KISI TES DAN NON TES
Perguruan Tinggi :
UNIVERSITAS PEKERTI 3435
Jurusan :
Kebidanan
Program studi :
Diploma III
Nama mata kuliah :
Asuhan Kebidanan Kehamilan
Kode mata kuliah :
01PEKERTI101
NO
|
SASARAN PEMBELAJARAN
|
JENJANG KEMAMPUAN
|
|||||||||||||||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
|||||||||||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
P5
|
||
1.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep dasar ANC
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||||||||||||
2.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep
dasar anatomi,fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||||||||||||
3.
|
Mahasiswa mampu mendiagnosa kehamilan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||||||||||
4.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi kehamilan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||||||||||||
5.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||||||||||
6.
|
Mahasiswa
mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||||||||||
7.
|
Mahasiswa mampu melaksanakan deteksi
dini terhadap komplikasi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||||||||||
8.
|
Mahasiswa
mampu melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||||||||||
Bobot
Presentase Penilaian
|
50%
|
25%%
|
25%
|
Keterangan :
C1=Ingatan; C2=Pemahaman;
C3=Penerapan; C4=Analisis; C5=Evaluasi C6=berkerasi
A1=pengenalan; A2=Pemberian
Respons; A3=Penghargaan Nilai;
A4=Pengorganisasian; A5=Pengamalan
P1=Meniru; P2=manipulasi;
P3=ketepatan Gerakan; P4=Artikulasi; P5=Naturalisasi
PEDOMAN
PENSKORAN (Marking Scheme)
No
|
ASPEK/KONSEP
YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
1.
|
Pemeriksaan apa saja
yang penting dilakukan pada kunjungan awal ibu hamil
Poin Jawaban :
a.
Membangun hubungan saling percaya
antara petugas kesehatan dan ibu hamil
b.
Mendeteksi masalah dan
menanganinya
c.
Melakukan tindakan pencegahan
seperti tetanus neonatorum, anemia kekurangan zat besi, penggunaan praktek
tradisional yang merugikan
d.
Mendorong perilaku yang sehat (gizi, latihan, kebersihan dan istirahat
|
10
10
20
10
|
|
JUMLAH
|
50
|
No
|
ASPEK/KONSEP
YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
2.
|
Mengapa
pendokumentasian asuhan pada ibu hamil penting dilakukan?
Poin jawaban :
a. Menjamin
terbitnya administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan di instansi
pelayanan
b. Sebagai
bahan untuk mempertanggung jawabkan tindakan yang dilakukan pada
pasiaen/klien
c. Bila
terjadi gugatan hukum maka dokumentasi kebidanan sangat membantu
d. Sebagai data akurat yang dimiliki tentang pasien
|
10
10
15
15
|
|
JUMLAH
|
50
|
Nilai
:
INSTRUMEN ASSESMEN TES
DAN NON TES
1.
Pertanyaan
Dalam Bentuk Esai :
a.
Pertanyaan
Tertutup
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan baik dan benar!
Beri
alasan imunisasi TT harus diberikan pada ibu hamil! (5)
Jawaban :
Untuk
mencegah penyakit tetanus toxoid pada janin
b.
Pertanyaan
Terbuka
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan baik dan benar!
Mengapa
pemantauan dan pemeriksaan ANC harus dilakukan (15)
Jawaban :
1)
Pengawasan kehamilan untuk melihat apakah segalanya berlangsung normal
2) Penyuluhan pendidikan mengenai
kehamilan dan bagaimana cara-cara mengatasi gejala nya.
3) Untuk mendeteksi dan mengatasi setiap
kelainan yang timbul, dan untuk mengantisipasi semua masalah selama kehamilan,
persalinan dan periode postnatal.
4) Pengenalan tanda – tanda bahaya
kehamilan
2.
Pertanyaan
Dalam Bentuk Objek
a.
Pilihan
Ganda Biasa
Berilah tanda silang
(X) pada salah satu jawaban yang paling benar!
Ny.
Y datang ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya yang pertama kali. Ibu
mengatakan ini kehamilan yang pertama dan ibu belum pernah mendapatkan
imunisasi TT sebelumnya, Hasil pemeriksaan didapatkan keadaan umum baik dan TTV
normal. Dosis pemberian imunisasi TT adalah…
A.
0,1 cc
B.
0,25 cc
C.
0,5 cc
D.
1 cc
Jawaban : C
b.
Pilihan
Ganda Kompleks
Beri tanda
silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar
A. Jika
(1), (2), dan (3) benar
B. Jika
(1) dan (3) benar
C. Jika
(2) dan (4) benar
D. Jika
(4) benar
Aspek
yang diperiksa pada kunjungan pertama sebelum usia kehamilan 14 minggu
kehamilan ibu adalah?
1) Membangun
hubungan saling percaya antara petugas kesehatan dan ibu hamil
2) Mendeteksi
masalah dan menanganinya
3) Mendorong
perilaku yang sehat(gizi, latihan dan kebersihan, istirahat dan sebagainya)
4) kewaspadaan
khusus mengenai preeklampsia (tanya ibu mengenai gejala-gejala preeklampsia,
pantau tekanan darah, evaluasi oedema, periksa untuk mengetahui protenuria)
Jawaban : A
c.
Hubungan
Sebab Akibat
Beri tanda
silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar
A. Pernyataan
benar, alasan benar ada hubungan sebab akibat
B. Pernyataan
benar, alasan benar tapi tidak ada hubungan
sebab akibat
C. Pernyataan
salah alasan salah
D. Pernyataan
salah alasan benar
Pemeriksaan
kehamilan atau ANC sangat penting dilakukan
Sebab
Upaya preventif program pelayanan kesehatan
obstetrik untuk optimalisasi pelayanan kebidanan
Jawaban
: B
d.
Menjodohkan
Jodohkanlah
pertanyaan pada kolom I dengan jawaban pada kolom II
Kolom I
|
Kolom II
|
||
1.
|
Kunjungan awal (1)
|
a.
|
kewaspadaan khusus mengenai preeklampsia (tanya
ibu mengenai gejala-gejala preeklampsia, pantau tekanan darah, evaluasi
oedema, periksa untuk mengetahui protenuria)
|
2.
|
Kunjungan ANC II
|
b.
|
deteksi letak bayi yang tidak normal atau kondisi
lain yang memerlukan kelahiran rumah sakit
|
3.
|
Kunjungan ANC III
|
c.
|
Melakukan tindakan pencegahan seperti
tetanus neonatorum, anemia kekurangan zat besi, penggunaan praktek
tradisional yang merugikan
|
d.
|
palpasi abdominal untuk mengetahui
apakah ada kehamilan ganda
|
Jawaban
:
1) Kunjungan Awal (c)
2) Kunjungan ANC II (a)
3) Kunjungan ANC III (d)
e.
Benar-
Salah
Pilihlah B, jika
pernyataan dibawah ini benar dan S jika pernyataan dibawah ini salah
B – S :
Imunisasi
TT bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus toxoid pada janin.
Jawaban
: B
f. Daftar
Ceklist
Nama : ………………………………………………………….
NIM : ……………………………………………………….....
Tanggal :
………………………………………………………….
NO
|
PENUNTUN
|
NILAI
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
A.
|
SIKAP
|
||||
1.
|
Menyapa klien dengan ramah dan sopan
|
||||
2.
|
Memperkenalkan diri kepada klien
|
||||
3.
|
Merespon terhadap reaksi pasien
|
||||
4.
|
Percaya diri
|
||||
5.
|
Menjaga privasi klien
|
||||
B.
|
CONTENT
|
||||
6.
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur yang akan dilakukan
|
||||
7.
|
Mempersiapkan
alat:
-
Tempat tidur
-
Jam
-
Selimut
-
Pengukur tinggi badan
-
Timbangan berat badan
-
Tensi meter
-
Stetoskop
-
Pengukur LILA
-
Thermometer
-
Senter
-
Spatula
-
Garpu tala
-
Pita meter
-
Jangka panggul
-
Fetoskop
-
Hamer
-
Sarung tangan 1 pasang
-
Kapas sublimat
-
Bengkok
-
Handuk
-
Kom berisi betadine
-
Baskom berisi larutan clorin 0,5%
|
||||
8.
|
Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir
|
||||
9.
|
Mengukur Tinggi dan Berat Badan
|
||||
10.
|
Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air
mengalir, lalu mengeringkan dengan handuk
|
||||
11.
|
Mengukur tanda-tanda vital: tekanan darah, nadi, suhu, pernafasan, dan LILA.
|
||||
12.
|
Menganjurkan ibu untuk mberbaring
ditempat tidur dan tutupi ibu dengan selimut
|
||||
13.
|
Melakukan
pemeriksaan pada kepala dan menilai kebersihan kepala serta oedema
|
||||
14.
|
Melakukan pemeriksaan pada wajah, pembengkakan
wajah dan kloasma gravidarum
|
||||
15.
|
Melakukan
pemeriksaan pada mata
-
Konjungtiva
-
Skler
-
Polip pada mata
|
||||
16.
|
Melakukan
pemeriksaan pada telinga
-
Kebersihan telinga
-
Pendengaran
|
||||
17.
|
Memeriksa pada hidung dari arah depan dengan memeriksa septum hidung berada ditengah atau tidak
adakah benda asing, sekret hidung, perdarahan dan polip
|
||||
18.
|
Memeriksa mulut untuk
melihat:
· Rongga
mulut :diperiksa adakah stomatis,kemampuan
menggigit, mengunyah dan menelan.
· Bibir
: simetris, lesi, kelembaban, pengelupasan dan bengkak.
· Gusi
: warna dan oedema
· Gigi
: karang gigi, caries, gigi tanggal dan jumlah gigi.
· Lidah
: warna, luka, bercak dan pembengkakan.
· Kerongkongan:
tongsis, peradangan dan lendir/sekret.
|
||||
19.
|
Memeriksa leher untuk melihat
pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan pembesaran vena jugularis
|
||||
20.
|
Melakukan inspeksi pada dada dan palpasi payudara
untuk menilai pembengkakan atau oedema
|
||||
21.
|
Memeriksa pada abdomen
· Leopoid
I
Untuk
menentukan tinggi fundus uteri, rentangkan pita mengikuti linea dinding depan
abdomen hingga ke puncak pundus kemudian mengukur dengan jari atau pita
senti.
· Leopoid
II
Untuk
menentukan bagian-bagian dari janin punggung kiri/ punggung kanan.
· Leopoid
III
Untuk
menentukan bagian terendah janin.
· Leopoid
IV
Untuk menentukan
divergen/konvergen
Mendengarkaan
DJJ
|
||||
22.
|
Mengukur panggul
· Distansia
spinarum (23-26)
· Distansia
cristarum (26-29)
· Tuberum
(8-10)
· Boudelog
(18-20)
|
||||
23.
|
Memeriksa pada
ekstremitas bawah
Lakukan palpasi pada pada tungkai bagian bawah apakah
ada oedema dan varises
|
||||
24.
|
Memakai sarung
tangan
|
||||
25.
|
Memeriksa genetalia dan anus apakah ada
odema
|
||||
26.
|
Melepaskan sarung tangan dalam larutan clorin 0,5%
secara terbalik dan direndam selama 10 menit.
|
||||
27.
|
Melakukan refleks patella
|
||||
28.
|
Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir
|
||||
29.
|
Menjelaskan hasil pemeriksaan
dan melakukan pendokumentasian
|
||||
C.
|
TEHNIK
|
||||
30.
|
Teruji melaksanakan secara sistematis
|
||||
31.
|
Teruji menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
|
||||
32.
|
Memperhatikan keamanan saat pelaksanaan
|
||||
33.
|
Memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan
umpan balik
|
||||
34.
|
Mendokumentasikan
hasil tindakan
|
Catatan
:
-
Mahasiswa dinyatakan lulus jika tidak
ada nilai 1
-
Nilai minimal kelulusan adalah B
Kriteria skor
penilaian adalah sebagai berikut :
A = ≥ 85 B = 75 – 85 C = 63 – 74 D = 50 – 62
|
|
g.
Kuesioner
Nama Mahasiswa :
Tanggal Wawancara :
Petunjuk :
Berilah tanda (Ö)
ditempat yang telah disediakan dalam tabel berikut, umtuk setiap kegiatan yang
dilakukan.
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Menjelaskan
prosedur tindakan sebelum melakukan pemeriksaan fisik ibu hamil
|
||
2.
|
Memeriksa leher untuk melihat
pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan pembesaran vena jugularis
|
||
3.
|
Memperhatikan keamanan saat
pelaksanaan pemeriksan fisik ibu hamil
|
||
4.
|
Menjelaskan hasil pemeriksaan dan
melakukan pendokumentasian
|
||
5.
|
Memberikan kesempatan untuk
bertanya dan memberikan umpan balik
|
||
6.
|
Konseling tentang tanda – tanda
bahaya kehamilan
|
h. Rubrik Penskoran
Tugas :
Jenis
Perasat : Pemeriksaan Fisik Ibu Hamil
Nama
Mahasiswa :
Tanggal
Penilaian :
|
Makassar,
Desember 2016
Pembimbing
(Suriani Syahruddin, S.ST)
No comments:
Post a Comment