RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
STIKES MEGA REZKY MAKASSAR
NAMA MATA KULIAH : ASKEB PATOLOGI
SKS : 4 SKS
JURUSAN/PROGRAM : DIII KEBIDANAN
DOSE PENGAMPUH : MARLIANA,
S.ST
SASARAN BELAJAR :MAHASISWA MAMPU MELAKSANAKAN DAN
MENGAPLIKASIKAN
ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI
Pertemuan Ke-
|
Sasaran Pembelajaran
|
Bahan Kajian
|
Metode Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Bobot Penilaian
|
I
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dapat : Menjelaskan prinsip deteksi dini ibu dengan kelainan,
komplikasi, penyakit yang lazim terjadi dalam kehamilan, persalinan dan masa
nifas
|
1.
Prinsip deteksi dini
terhadap kaleinan, komplikasi dan penyakit yang lazim terjadi pada ibu masa
kehamilan
2.
Pemeriksaan Kehamilan Dini
(Early ANC Detection)
3.
Kontak dini kehamilan
trimester I
4.
Pelayanan ANC berdasarkan
kebutuhan individu
5.
Skrining untuk deteksi dini
6.
Deteksi dini pelayanan
persalinan
7.
Pemanfaatan partograf pada
setiap persalinan kala I aktif
8.
Deteksi dini komplikasi masa
nifas
a. 2 jam masa nifas
b. 6 jam masa nifas
c. 6 hari masa nifas
d. 6 minggu masa nifas
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
II
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
Menjelaskan penyakit
menyertai pada ibu dalam kehamilan persalinan dan nifas
|
1. Penyakit yang menyertai kehamilan dan persalinan
a.
TB paru
b.
Ginjal
c.
Jantung
d.
DM
e.
Asma
2.
Infeksi yang menyertai
kehamilan dan persalinan
a.
Sypilis
b.
CMV (Cytomegalo Virus)
c.
Rubella
d.
Herpes
e.
Varicella
f.
Toxoplasmonis
g.
Infeksi Traktus Urinarius
h.
Hepatitis
i.
HIV/ AIDS
j.
Typus Abdominalis
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
2 x 1,5 x 60’
|
|
III
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :Melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi, kelainan,
penyakit dalam masa kehamilan
|
1. Komplikasi dan penyulit kehamilan Trimester
I dan II
a. Anemia Kehamilan
b. Hyperemisis gravidarium
c. Abortus
d.
KET
e. Molahidatiosa
2. Komplikasi dan penyulit kehamilan Trimester
III
a. Kehamilan dengan hipertensi
b. Hipertensi essensial
c. Hipertensi karena kahamilan (PIH)
d. Pre eklampsia
e. Eklampsia
3. Perdarahan antepartum
a.
Solusio plasenta
b.
Plasenta previa
c.
Insertio velamentosa
d.
Ruptura sinus marginalis
e.
Plasenta sirkum valata
4. Kelainan dalam lamanya kehamilan
a.
Prematur
b.
Postmatur
c.
Intra Uterine Grewth
Retardation (IUGR)
d.
Intra Uterine Fetal Death (IUFD)
5. Kehamilan ganda
6. Kelainan air ketuban
a.
KPSW
b.
Polihidramnion
c.
Oligohidramnion
7. Kelainan letak
a.
Letak sungsang
b.
Letak lintang
8. Kehamilan dengan penyakit gangguan jiwa
a.
Depresi
b. Psikosa
c.
Psikoneorosa
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
IV
|
Di
akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu : Melaksanakan
asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi kelainan, penyakit dalam
persalinan.
Setelah
selesai
perkuliahan
ini diharapkan mahasiswa mampu :
Melaksanakan
asuhan kebidanan pada persalinan dengan penyulit kala III dan kala IV
|
1. Konsep dasar penyulit Kala I dan Kala II
a.
Konsep dasar kelainan
presentasi dan posisi
1)
Puncak kepala
2)
Dahi
3)
Muka
4)
Persistent oksipito
posterior
b.
Konsep dasar distosia
1)
Distosia kelainan tenaga/
his
a)
His hipotonik
b)
His hipertonik
c)
His yang tidak terkoordonasi
2)
Distosia kelainan alat kandungan
a)
Vulva
b)
Vagina
c)
Uterus/ serviks
3)
Distosia kelainan janin
a)
Bayi besar
b)
Hydrocephalus
c)
Anancephalus
d)
Kembar siam
e)
Gawat janin
4)
Distosia kelainan jalan lahir
a)
Keseimbangan PAP
b)
Kesempitan bidang tengah
c) Pelvis
d) Kesempitan PBP
2. Persalinan dengan penyulit kala III dan kala IV
a.
Penyulit kala III persalinan
1)
Atonia uteri
2)
Retensio plasenta
3)
Emboli air ketuban
4)
Robekan jalan lahir
a) Perineum
b) Vagina
c) Serviks
5)
Inversio uteri
6)
Perdarahan kala IV (primer)
7)
Syok Obstetrik
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
3 x 1,5 x 60’
|
|
V
|
Diakhir
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi, kelainan,
penyakit dalam masa nifas
|
1. Komplikasi dan penyakit dalam serta penanganannya
a.
Infeksi nifas
1)
Endometritis
2)
Peritonitis
3)
Bendungan ASI
4)
Infeksi payudara
5)
Thrombophlebitis
6)
Luka perineum
b.
Perdarahan post partum dan penanganannya
1) Tahapan : primer dan sekunde
2) Penyebab : atonia uteri, retensio plesenta, robekan
jalan lahir
c.
Gangguan psikologis masa nifas
1) Depresi post partu
2) Post partum blues
3) Post partum psikosa
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
2 x 1,5 x 60’
|
|
VI
|
Diakhir
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
Melaksanakan asuhan kebidanan
pada ibu dengan gangguan system reproduksi
|
1. Pengertian
2. Tujuan
3. Jenis, penyebab, patofisiologis dan gambaran klinis pada ibu
a.
Mastitis
b.
Fibrio adenomia
c.
Kista sarcoma filodes
d.
Sarcoma
e.
Kanker payudara
f.
Tunor jinak dan ganas pada vulva, vagina, tuba, uterus,
duadrium
4. Prosedur pemeriksaan
5. Deteksi dini
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
VII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada infertilitas
|
1. Pengertian infertilitas
2. Pemeriksaan infertilitas
3. Faktor – faktor yang mempengaruhi infertilitas
4. Masalah yang timbul
pada infertilitas
5. Manajemen kebidanan pada infertilitas
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
VIII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa : Mampu Melaksanakan asuhan kebidanan pada masa klimakterium/ menopause
|
1. Pengertian klimaterium
2. Pengertian menopause
3. Tanda – tanda awal dari
klimakterium dan menopause
4. Gangguan klimakterium dan
menopause
5. Manajemen kebidanan klimakterium dan menopause
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
IX
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada perdarahan di luar haid
|
1 Pengertian
2. Tanda, gejala dan
penaganan
a. Poli
b. Erosi portio
c. Ulcus portio
d.Trauma
e. Polips endometrium
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
X
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa : Mampu melaksanakan asuhan
kebidanan pada radang genitalia interna
|
Tanda, gejala dan penanganan
1. Cerviksitis
2. Endromentritis
3. Endometriosis
4. Myometris
5. Parametritis
6. Adnexitis
7. Peritonitis
8. Pelviksitis
9. Kelainan pada ovarium
10. Salpingitis
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
XI
|
Setelah
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan Mampu melaksanakan pendokumentasian
sesuai format yang tersedia
|
Praktik pendokumentasian
kasus kebidanan patologi
1. Pengkajian data
2. Rumusan diagnosa/ masalah
3. Perencanaan asuhan
4. Pelaksanaan asuhan
5. Evaluasi asuhan
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
XII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :Melaksanaan rujukan berdasarkan standar praktik kebidanan dan protap
|
Sistem rujukan
|
Tatap muka:
CTJ, pemecahan kasus
On line:
Diskusi, kuis
|
1,5 x 60’
|
|
XIII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan praktik pertolongan sungsang dengan benar
|
Praktik Pertolongan sungsang
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
|
XIV
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan praktik pertolongan distosia bahu dengan
benar
|
Praktik pertolongan distosia bahu
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
|
XV
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan praktik pertolongan robekan portio dengan
benar
|
Praktik menjahit robekan portio
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
|
XVI
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan
praktik pertolongan manual
plasenta dengan benar
|
Praktik manual plasenta
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
|
XVII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan praktik pertolongan KBI/KBE/kondom catheter dengan
benar
|
Praktik KBI/KBE/kondom catheter
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
|
XVIII
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu : Melakukan praktik pertolongan Resusitasi pada bayi baru lahir dengan benar
|
Praktik Resusitasi pada bayi baru
lahir
|
Demonstrasi
Bimbingan praktik
|
14 x 60’
|
No comments:
Post a Comment