Visitor

Saturday, February 11, 2017

MIKRO TEACHING SATUAN ACARA PENGAJARAN PERSALINAN TEKNIK LOVSET "TUGAS BIDAN PENDIDIK"





SATUAN ACARA PENGAJARAN
(SAP)
PERSALINAN TEKNIK LOVSET


Mata Kuliah                              : Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata Kuliah                    : Bd. 302
Semester                                  : III (Ganjil)
Beban Studi                             : 5 SKS (T:3, P:2)
Waktu Pertemuan                     : 1 X 170 Menit
Dosen                                      : Fatmawati

A.     Tujuan
1.       Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan asuhan pada ibu bersalin sesuai standar pelayanan kebidanan
2.       Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah mengikuti bimbingan praktek ini, diharapkan mahasiswa  mampu menjelaskan dan melakukan asuhan persalinan letak sungsang dengan teknik Lovset pada ibu bersalin dengan baik dan benar sesuai daftar tilik

B.     Pokok Bahasan            : Persalinan Teknik Lovset
C.     Sub Pokok Bahasan     : 
1.       Pengertian persalinan letak sungsang dan prinsip persalinan teknik Lovset
2.       Alat yang digunakan dalam Asuhan persalinan letak sungsang dengan teknik Lovset
3.       Prosedur Pelaksanaan persalinan teknik Lovset

D.     Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
Praktik Klinik
(25 Menit)
1.      Menyapa mahasiswa DIII Kebidanan.
2.      Membahas materi dan tujuan atau keterampilan yang akan dicapai.
3.      Menjelaskan dan mempersiapkan alat yang diperlukan dalam tindakan asuhan persalinan kala I dan II
4.      Menjelaskan dan mempraktekkan prosedur pelaksanaan kala I dan II
5.      Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
6.      Menjawab pertanyaan yang diajukan mahasiswa.
1.       Mencatat dan memperhatikan
2.       Menanyakan hal-hal yang kurang dipahami
1.       Peralatan APN
2.       Pantom
3.       Penuntun belajar
Praktik Klinik
(120 Menit)


1.       Mengamati dan membimbing mahasiswa melakukan keterampilan sambil memegang daftar tilik.
2.       Mengisi daftar tilik sesuai dengan apa yang dikerjakan mahasiswa
1.       Mempersiapkan alat.
2.       Melaksanakan manual plasenta dengan yang diajarkan dosen.
1.       Peralatan APN
2.       Pantom
3.       Daftar tilik

Praktik Klinik
(25 Menit)

1.       Menanyakan perasaan mahasiswa setalah melakukan keterampilan klinik.
2.       Menanyakan langkah-langkah yang sudah dikerjakan menurut mahasiswa, apakah sudah sesuai atau belum dengan daftar tilik.
3.       Membahas keterampilan yang sudah dikerjakan mahasiswa disesuaikan dengan daftar tilik yang sudah diisi pembimbing.
4.       Merencanakan jadwal bimbingan praktek berikutnya.
5.       Menutup bimbingan.
1.       Mahasiswa menyampaikan langkah-langkah yang telah dan menurutnya yang belum dilaksanakan.
2.       Membahas keterampilan yang sudah dikerjakan berdasarkan daftar tilik.
1.       Peralatan APN
2.       Pantom


E.      Evaluasi
1.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya jika ada yang kurang dipahami dan dimengerti
2.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekkan atau  mendemonstrasikan kembali dengan menggunakan Phantom sesuai dengan prosedur daftar tilik.



F.      Referensi
1.       Harry Oxorn, dkk. 2010. Ilmu Kebidanan : Patologi dan Fisiologi Persalinan. Yogyakarta : Yayasan Essentia Medica (YEM).
2.       Masruroh. 2012. Buku Panduan Praktik Keterampilan Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta : Nuha Medika.
3.       Sulistyawati A, Esti Nugraheny. 2010. Asuhan Kebidanan Pada  Ibu Bersalin. Jakarta : Salemba Medika.
4.       Saifuddin, Abdul Bari. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP
5.       Saifudin, Abdul Bari. 2002. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP.
6.       Winkjosastro, Hanifa. 2000. Ilmu Bedah Kebidanan. Jakarta : YBP-SP.

No comments:

Post a Comment