SATUAN
ACARA PENGAJARAN
(SAP)
PERSALINAN TEKNIK LOVSET
Mata Kuliah : Asuhan
Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata
Kuliah : Bd. 302
Semester : III (Ganjil)
Beban Studi : 5 SKS (T:3, P:2)
Waktu
Pertemuan : 1 X 170 Menit
Dosen : Fatmawati
A. Tujuan
1.
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah
menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan asuhan
pada ibu bersalin sesuai standar pelayanan kebidanan
2.
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah
mengikuti bimbingan praktek ini, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan asuhan
persalinan letak sungsang
dengan teknik Lovset
pada ibu bersalin dengan baik dan benar sesuai daftar tilik
B. Pokok Bahasan : Persalinan Teknik Lovset
C. Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian persalinan
letak sungsang dan prinsip persalinan teknik Lovset
2. Alat yang digunakan dalam Asuhan
persalinan letak sungsang dengan teknik Lovset
3. Prosedur Pelaksanaan persalinan
teknik Lovset
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
Praktik
Klinik
(25 Menit)
|
1. Menyapa mahasiswa DIII Kebidanan.
2. Membahas materi dan tujuan atau
keterampilan yang akan dicapai.
3. Menjelaskan dan mempersiapkan alat
yang diperlukan dalam tindakan asuhan persalinan kala I dan II
4. Menjelaskan dan mempraktekkan
prosedur pelaksanaan kala I dan II
5. Memberikan kesempatan mahasiswa untuk
bertanya
6. Menjawab pertanyaan yang diajukan
mahasiswa.
|
1.
Mencatat dan memperhatikan
2.
Menanyakan hal-hal yang kurang dipahami
|
1.
Peralatan APN
2.
Pantom
3.
Penuntun belajar
|
Praktik
Klinik
(120 Menit)
|
1.
Mengamati dan membimbing mahasiswa melakukan keterampilan
sambil memegang daftar tilik.
2.
Mengisi daftar tilik sesuai dengan apa yang dikerjakan
mahasiswa
|
1.
Mempersiapkan alat.
2.
Melaksanakan manual plasenta dengan yang diajarkan dosen.
|
1.
Peralatan APN
2.
Pantom
3.
Daftar tilik
|
Praktik
Klinik
(25 Menit)
|
1.
Menanyakan perasaan mahasiswa setalah melakukan
keterampilan klinik.
2.
Menanyakan langkah-langkah yang sudah dikerjakan menurut
mahasiswa, apakah sudah sesuai atau belum dengan daftar tilik.
3.
Membahas keterampilan yang sudah dikerjakan mahasiswa
disesuaikan dengan daftar tilik yang sudah diisi pembimbing.
4.
Merencanakan jadwal bimbingan praktek berikutnya.
5.
Menutup bimbingan.
|
1.
Mahasiswa menyampaikan langkah-langkah yang telah dan menurutnya
yang belum dilaksanakan.
2.
Membahas keterampilan yang sudah dikerjakan berdasarkan
daftar tilik.
|
1.
Peralatan APN
2.
Pantom
|
E.
Evaluasi
1. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya jika ada yang kurang dipahami dan
dimengerti
2. Memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk mempraktekkan atau
mendemonstrasikan kembali dengan menggunakan Phantom sesuai dengan
prosedur daftar tilik.
F.
Referensi
1. Harry Oxorn, dkk. 2010. Ilmu Kebidanan : Patologi dan
Fisiologi Persalinan. Yogyakarta : Yayasan Essentia Medica (YEM).
2. Masruroh. 2012. Buku Panduan Praktik Keterampilan
Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta : Nuha Medika.
3. Sulistyawati A, Esti Nugraheny. 2010. Asuhan Kebidanan
Pada Ibu Bersalin. Jakarta : Salemba
Medika.
4. Saifuddin, Abdul Bari. 2002. Buku Panduan Praktis
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP
5. Saifudin, Abdul Bari. 2002. Buku Acuan Nasional
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP.
6. Winkjosastro, Hanifa. 2000. Ilmu Bedah Kebidanan.
Jakarta : YBP-SP.
No comments:
Post a Comment