Visitor

Sunday, February 5, 2017

PATOFISIOLOGI NYERI "KEPERAWATAN TERBARU"





Antara stimuli nyeri sampai dirasakannya sebagai persepsi nyeri terdapat suatu rangkaian proses elektrofisiologik yang secara kolektif disebut sebagai nosisepsi (nociception).

Ada empat proses yang jelas terjadi pada suatu nosisepsi, yakni :

1.      Proses Transduksi (transduction)
 merupakan proses dimana suatu stimuli nyeri (noxious stimuli) dirubah menjadi aktifitas listrik yang akan diterima ujung – ujung saraf (nerve ending). Stimuli ini dapat berupa stimuli fisik (tekanan), suhu (panas) atau kimia (substansi nyeri).

2.      Proses Transmisi (transmission),
 dimaksudkan sebagai penyaluran  impuls melalui saraf sensoris menyusul proses transduksi. Impuls ini akan disalurkan oleh serabut saraf A delta dan serabut saraf C sebagai neuron pertama, dari perifer ke medulla spinalis dimana impuls tersebut mengalami modulasi sebelum diteruskan ke thalamus oleh traktus sphinotalamikus sebagai neuron ke dua. Dari thalamus selanjutnya impuls disalurkan ke daerah somatosensoris di korteks serebri melalui neuron ke tiga. Dimana impuls tersebut diterjemahkan dan dirasakan sebagai persepsi nyeri

3.      Proses Modulasi (modulation),
adalah proses dimana terjadi interaksi antara sistem analgesik endogen yang dihasilkan oleh tubuh kita dengan input nyeri yang masuk ke kornu posterior medulla spinalis. Jadi merupakan proses acendem yang dikontrol oleh otak.Sistem analgesik endogen ini meliputi enkefalin, endorphin, serotonin, dan noradrenalin memiliki efek yang dapat menekan impuls nyeri pada medulla spinalis.
Kornu posterior ini dapat diibaratkan sebagai pintu yang dapat tertutup atau terbuka untuk menyalurkan impuls nyeri. Peristiwa tertutup atau terbukanya pintu nyeri tersebut diperankan oleh sistem analgesik endogen tersebut di atas. Proses modulasi inilah yang menyebabkan persepsi nyeri menjadi sangat subjekstif orang per orang.

4.      Persepsi (perception)
 adalah hasil akhir dari proses interaksi yang kompleks dan unik yang dimulai dari proses transduksi, transmisi, dan modulasi yang pada gilirannya menghasilkan suatu perasaan yang subjektif yang dikenal sebagai persepsi nyeri. 


 SEMOGA BERMANFAAT !!! JANGAN LEWATKAN ARTIKEL KEPERAWATAN YG LAINNYA :) SYUKRAN :)

No comments:

Post a Comment