Visitor

Thursday, January 12, 2017

GBRP SENAM NIFAS D.IV BIDAN PENDIDIK STIKES MEGA REZKY MAKASSAR






GARIS BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN
(GBRP)

A.   Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah             : Asuhan Kebidanan III (Nifas)
Kode                                   : BD. 303
Beban/Jumlah SKS             : 2 SKS (T:1 P:1)
Penempatan                        : Semester 3
Jumlah minggu/pertemuan : 16 minggu/16 pertemuan/48 jam
Nama Tim Dosen               : -
B.   Deskripsi Mata Kuliah
       Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk memberikan asuhan kebidanan pada masa nifas dengan pendekatan manajemen kebidanan didasari konsep, sikap dan keterampilan dengan pokok bahasan: konsep dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi fisiologi dan psikologi masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan mada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi masa nifas dan pendokumentasian
C.   Kompetensi Dasar (TIU)
1.     Menjelaskan konsep dasar masa nifas
2.     Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
3.     Menjelaskan konsep dasar pemberian ASI
4.     Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir
5.     Menjelaskan perubahan fisiologi masa nifas
6.     Menjelaskan proses adaptasi psikologi ibu masa nifas
7.     Menjelaskan kebutuhan dasar masa nifas
8.     Menjelaskan konsep dasar senam nifas
9.     Menjelaskan asuhan ibu masa nifas normal
10.    Menjelaskan tindak lanjut asuhan nifas dirumah
11.    Menjelaskan cara deteksi dini pada masa nifas
12.    Menjelaskan konsep dasar bendungan ASI
D.   Evaluasi
1.     Teori
a.     UTS       : 10 %
b.     UAS       : 15 %
2.     Praktikum
a.     Skill Lab (phantom)  : 35 %
b.     Study kasus              : 25 %
3.     Kehadiran                     : 15 %

E.   Sumber Kepustakaan
1.     Buku Utama
a.     Seller P (1993) Midwifery Vol. 1, Juta: South Afrika
b.     V Ruth Bennet Dan Linda (1999) Myles Texbook for midwifery. UK London
c.      Varney, 1997, Varney’s Midwifery
2.     Buku Anjuran
a.     Sweet. BR, 1997: Mayes Midwifery, Bailliere Tindall, London
b.     Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2001, Buku IV, Asuhan Kebidanan pada ibu post partum
c.      WHO, 2001: Panduann praktis Maternal dan Neonatal
d.     Linda, V Walsh, (2001) Midwivery, Saunders Company, NY
e.      Saifuddin A.B at al (2000) Buku Acuan Nasional pelayanan Kesehatan, Jakarta
3.     Buku Tambahan
a.     Jannah Nurul. 2011. Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Ar-Ruzz Media. Yogjakarta
b.     Suherni, 2009. Perawatan Masa Nifas. Fitramaya. Yogjakarta
c.      Retno Wulandari, setyo. 2011. Asuhan Kebidanan Ibu Masa Nifas. Gosyen Publishing. Yogjakarta
d.     Eileen Brayshaw.2007. Senam Hamil & Nifas Pedoman Praktis Bidan. Jakarta : ECG
e.      Masruroh. 2013. Praktik Keterampilan Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Numed

  YANG MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)

  YANG MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)

  YANG MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)

F.    Rincian Kegiatan

MINGGU
KE-
SASARAN
PEMBELAJARAN
MATERI
PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
KRITERIA PENILAIAN
BOBOT NILAI (%)
1
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar asuhan masanifas
1.1.Kontrak perkuliahan
1.2.Konsep dasar masa nifas
1.2.1  Pengertian masa nifas
1.2.2  Tujuan masa nifas
1.2.3  Peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
1.2.4  Tahapan masa nifas
1.2.5  Kebijakan program nasional masa nifas
-      Kuliah interaktif
-      Ceramah
-     Kehadiran (1)
-     Ketepatan menjelaskan konsep dasar asuhan kebidanan pada masa Nifas (3)
4%

2
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui proses laktasi dan menyusui
2.1  Anatomi payudara
2.2  Fisiologi laktasi
2.3  Dukungan bidan dalam pemberian ASI
2.4  Rawat gabung
2.5  Komposisi gizi dalam ASI
2.6  Upaya memperbanyak ASI
2.7  Pendidikan kesehatan kepada ibu menyusui
2.8  ASI Ekslusif
-      Kuliah interaktif
-      Ceramah
-      Tanya jawab
-      Role Play
-   Keaktifan (1)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan jawaban (2)
4%

3
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pemberian ASI
3.1  Pengertian ASI eksklusif
3.2  Faktor-faktor yang mempengaruhi ASI
3.3  Manfaat pemberian ASI
3.4  Masalah dalam pemberian ASI
3.5  Cara menyusui yang benar
-       Kuliah interaktif
-       Ceramah
-       Tanya jawab
-       Keaktifan (1)
-       Sikap (1)
-       Ketepatan jawaban (2)
4%

4
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami respon orang tua terhadap bayi baru lahir

4.1            Bounding Attachment
4.2            Respon ayah dan keluarga
4.3            Sibling rivally
-       Kuliah interaktif
-       Ceramah
-       Tanya jawab
-       Role Play
-   Keaktifan (2)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan jawaban (2)
4%

5-6
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui perubahan fisiologi masa nifas
5.1            Perubahan sistem reproduksi (uterus, vagina, perineum)
5.2            Perubahan sistem pencernaan
5.3            Perubahan sistem urinarius
5.4            Perubahan sistem endokrin
5.5            Perubahan sitem musculoskeletal
5.6            Perubahan tanda-tanda vital
5.7            Perubahan sistem kardiovaskuler
5.8            Perubahan sistem hematologi
-      Diskusi kelompok / makalah kelompok

Proses diskusi
-   Keaktifan (3)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan tema (4)
-   Kekompakan kelompok (3)

Tampilan makalah
-   Ketepatan pemakaian konsep (1)
-   Kejelasan uraian (1)
-   Sistematika penulisan (1)
Kemutakhiran pustaka (1)
15%

7
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui proses adaptasi psikologis ibu masa nifas
6.1            Adaptasi psikologis ibu masa nifas
6.2            Tiga fase penyesuaian nifas
6.3            Postpartum blues
6.4            Kesedihan dan duka cita

-      Kuliah interaktif
-      Tanya jawab
-      Study kasus


-   Keaktifan (1)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan jawaban (2)
4%

8
MID TEST
KETEPATAN JAWABAN
10%

9
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui kebutuhan dasar ibu masa nifas
7.1            Nutrisi dan cairan
7.2            Ambulasi dini (early ambulation)
7.3            Eliminasi
7.4            Kebersihan
7.5            Istirahat
7.6            Seksual
-      Kuliah interaktif
-      Tugas mandiri
-      Study kasus
-   Keaktifan (1)
-   Kemutakhiran referensi (1)
-   Kejelasan kesimpulan (1)
-   Sistematika penulisan (1)
-   Ketepatan tugas (6)
10%

10
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar senam nifas
8.1            Pengertian senam nifas
8.2            Tujuan senam nifas
8.3            Manfaat senam nifas
8.4            Kontraindikasi
8.5            Kerugian bila tidak melaksanakan senam nifas
8.6            Persiapan senam nifas
8.7            Pelaksanaan senam nifas
-       Kuliah interaktif
-       Ceramah
-       Tanya jawab





-       Keaktifan (1)
-       Sikap (1)
-       Ketepatan jawaban (2)
4%

11-12
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu melakukan asuhan ibu masa nifas normal
9.1  Asuhan ibu masa nifas normal
9.2  Merumuskan diagnosis/masalah aktual
9.3  Merumuskan diagnosis/masalah potensial
9.4  Merencanakan asuhan kebidanan
9.5  Pelaksanaan asuhan kebidanan
9.6  Evaluasi asuhan kebidanan
-       Diskusi kelompok/ makalah kelompok
Proses diskusi
-       Keaktifan (3)
-       Sikap (1)
-       Ketepatan tema (4)
-       Kekompakan kelompok (3)
Tampilan makalah
-       Ketepatan pemakaian konsep (1)
-       Kejelasan uraian (1)
-       Sistematika penulisan (1)
-       Kemutakhiran pustaka(1)
15%

13
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu melakukan tindak lanjut asuhan nifas di rumah
10.1  Jadwal kunjungan rumah
10.2  Asuhan lanjutan masa nifas di rumah
10.3  Penyuluhan masa nifas
-      Kuliah interaktif
-      Tanya jawab
-      Role Play
-   Keaktifan (1)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan jawaban (2)
4%

14
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu melakukan cara deteksi dini komplikasi pada masa nifas
11.1  Perdarahan pervaginam
11.2  Infeksi masa nifas
11.3  Sakit kepala, nyeri epigastrik, dan penglihatan kabur
11.4  Pembengkakan di wajah atau ekstremitas
11.5  Demam, muntah, dan rasa sakit waktu berkemih
11.6  Kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama
11.7  Rasa sakit, merah, dan atau pembengkakan
11.8  Gangguan psikologi yang dapat terjadi pada masa nifas
11.9  Payudara yang berubah menjadi merah, panas, dan atau terasa sakit
-      Kuliah interaktif
-      Studi kasus
-      Keaktifan (1)
-      Mengemukakanpendapat (2)
3%

15
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bendungan ASI
12.1  Pengertian
12.2  Etiologi
12.3  Faktor penyebab bendungan ASI
12.4  Gejala bendungan ASI
12.5  Pencegahan bendungan ASI
12.6  Penatalaksaan pada bendungan ASI
12.7  Tehnik perawatan payudara
-       Kuliah interaktif
-       Ceramah
-       Tanya jawab


-   Keaktifan (1)
-   Sikap (1)
-   Ketepatan jawaban (2)
4%

16
FINAL TEST
KETEPATAN  DAN KEJELASAN JAWABAN
15%



Total
100%









 SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KELANGSUNGAN BLOK KAMI.. THANKS SAY :)


No comments:

Post a Comment