GARIS BESAR RANCANGAN PEMBELAJARAN
(GBRP)
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata
Kuliah :
Asuhan Kebidanan III (Nifas)
Kode : BD. 303
Beban/Jumlah
SKS :
2 SKS (T:1 P:1)
Penempatan :
Semester 3
Jumlah
minggu/pertemuan : 16 minggu/16
pertemuan/48 jam
Nama Tim
Dosen : -
B. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk memberikan asuhan kebidanan pada
masa nifas dengan pendekatan manajemen kebidanan didasari konsep, sikap dan
keterampilan dengan pokok bahasan: konsep dasar masa nifas, respon orang tua
terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi fisiologi dan psikologi masa nifas,
kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan mada masa nifas,
melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi masa
nifas dan pendokumentasian
C. Kompetensi Dasar (TIU)
1. Menjelaskan konsep dasar masa nifas
2. Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
3. Menjelaskan konsep dasar pemberian ASI
4. Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir
5. Menjelaskan perubahan fisiologi masa nifas
6. Menjelaskan proses adaptasi psikologi ibu masa nifas
7. Menjelaskan kebutuhan dasar masa nifas
8. Menjelaskan konsep dasar senam nifas
9. Menjelaskan asuhan ibu masa nifas normal
10. Menjelaskan tindak lanjut asuhan nifas dirumah
11. Menjelaskan cara deteksi dini pada masa nifas
12. Menjelaskan konsep dasar bendungan ASI
D. Evaluasi
1.
Teori
a.
UTS :
10 %
b.
UAS :
15 %
2.
Praktikum
a.
Skill Lab (phantom) : 35 %
b.
Study kasus : 25 %
3.
Kehadiran : 15 %
E. Sumber Kepustakaan
1.
Buku Utama
a.
Seller P (1993) Midwifery Vol. 1, Juta:
South Afrika
b.
V Ruth Bennet Dan Linda (1999) Myles
Texbook for midwifery. UK London
c.
Varney, 1997, Varney’s Midwifery
2.
Buku Anjuran
a.
Sweet. BR, 1997: Mayes Midwifery,
Bailliere Tindall, London
b.
Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2001, Buku
IV, Asuhan Kebidanan pada ibu post partum
c.
WHO, 2001: Panduann praktis Maternal
dan Neonatal
d.
Linda, V Walsh, (2001) Midwivery,
Saunders Company, NY
e.
Saifuddin A.B at al (2000) Buku Acuan
Nasional pelayanan Kesehatan, Jakarta
3.
Buku Tambahan
a.
Jannah Nurul. 2011. Asuhan Kebidanan
Ibu Nifas. Ar-Ruzz Media. Yogjakarta
b.
Suherni, 2009. Perawatan Masa Nifas.
Fitramaya. Yogjakarta
c.
Retno Wulandari, setyo. 2011. Asuhan
Kebidanan Ibu Masa Nifas. Gosyen Publishing. Yogjakarta
d.
Eileen Brayshaw.2007. Senam Hamil &
Nifas Pedoman Praktis Bidan. Jakarta : ECG
e.
Masruroh. 2013. Praktik Keterampilan
Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Numed
YANG
MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG
WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)
YANG
MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG
WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)
YANG
MINAT BELANJA PAKAIAN MURAH & BERKUALITAS, BONEKA & SELEMPANG
WISUDA, SILAHKAN INVITE BBM, INTAGRAM, FACEBOOK KAMI ... SYUKRAN :)
F.
Rincian Kegiatan
MINGGU
KE-
|
SASARAN
PEMBELAJARAN
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
KRITERIA PENILAIAN
|
BOBOT NILAI (%)
|
||
1
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar asuhan masanifas
|
1.1.Kontrak perkuliahan
1.2.Konsep dasar masa nifas
1.2.1
Pengertian masa nifas
1.2.2
Tujuan masa nifas
1.2.3
Peran dan
tanggung jawab bidan dalam masa nifas
1.2.4
Tahapan masa
nifas
1.2.5 Kebijakan
program nasional masa nifas
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
|
-
Kehadiran (1)
-
Ketepatan menjelaskan konsep dasar asuhan kebidanan pada masa Nifas
(3)
|
4%
|
||
2
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui proses laktasi dan
menyusui
|
2.1 Anatomi payudara
2.2 Fisiologi laktasi
2.3 Dukungan bidan dalam pemberian ASI
2.4 Rawat gabung
2.5 Komposisi gizi dalam ASI
2.6 Upaya memperbanyak ASI
2.7 Pendidikan kesehatan kepada ibu menyusui
2.8 ASI Ekslusif
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Role Play
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
3
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar
pemberian ASI
|
3.1
Pengertian ASI
eksklusif
3.2
Faktor-faktor
yang mempengaruhi ASI
3.3
Manfaat pemberian
ASI
3.4
Masalah dalam
pemberian ASI
3.5
Cara menyusui
yang benar
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
-
Tanya jawab
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
4
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu memahami respon orang tua terhadap
bayi baru lahir
|
4.1
Bounding
Attachment
4.2
Respon ayah dan
keluarga
4.3
Sibling rivally
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Role Play
|
-
Keaktifan (2)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
5-6
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui perubahan fisiologi masa
nifas
|
5.1
Perubahan sistem
reproduksi (uterus, vagina, perineum)
5.2
Perubahan sistem
pencernaan
5.3
Perubahan sistem
urinarius
5.4
Perubahan sistem
endokrin
5.5
Perubahan sitem
musculoskeletal
5.6
Perubahan
tanda-tanda vital
5.7
Perubahan sistem
kardiovaskuler
5.8
Perubahan sistem
hematologi
|
-
Diskusi kelompok /
makalah kelompok
|
Proses
diskusi
-
Keaktifan (3)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan tema (4)
-
Kekompakan kelompok (3)
Tampilan makalah
-
Ketepatan pemakaian konsep
(1)
-
Kejelasan uraian (1)
-
Sistematika penulisan (1)
Kemutakhiran pustaka (1)
|
15%
|
||
7
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui
proses adaptasi psikologis ibu masa nifas
|
6.1
Adaptasi
psikologis ibu masa nifas
6.2
Tiga fase
penyesuaian nifas
6.3
Postpartum blues
6.4
Kesedihan dan
duka cita
|
-
Kuliah interaktif
-
Tanya jawab
-
Study kasus
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
8
|
MID TEST
|
KETEPATAN JAWABAN
|
10%
|
||||
9
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengetahui
kebutuhan dasar ibu masa nifas
|
7.1
Nutrisi dan cairan
7.2
Ambulasi dini (early ambulation)
7.3
Eliminasi
7.4
Kebersihan
7.5
Istirahat
7.6
Seksual
|
-
Kuliah interaktif
-
Tugas mandiri
-
Study kasus
|
-
Keaktifan (1)
-
Kemutakhiran referensi (1)
-
Kejelasan kesimpulan (1)
-
Sistematika penulisan (1)
-
Ketepatan tugas (6)
|
10%
|
||
10
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar senam
nifas
|
8.1
Pengertian senam nifas
8.2
Tujuan senam nifas
8.3
Manfaat senam nifas
8.4
Kontraindikasi
8.5
Kerugian bila tidak melaksanakan senam nifas
8.6
Persiapan senam nifas
8.7
Pelaksanaan senam nifas
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
-
Tanya jawab
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
11-12
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu
melakukan asuhan ibu masa nifas normal
|
9.1 Asuhan ibu
masa nifas normal
9.2 Merumuskan
diagnosis/masalah aktual
9.3 Merumuskan
diagnosis/masalah potensial
9.4 Merencanakan
asuhan kebidanan
9.5 Pelaksanaan
asuhan kebidanan
9.6 Evaluasi
asuhan kebidanan
|
-
Diskusi kelompok/ makalah kelompok
|
Proses
diskusi
-
Keaktifan (3)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan tema (4)
-
Kekompakan kelompok (3)
Tampilan makalah
-
Ketepatan pemakaian konsep
(1)
-
Kejelasan uraian (1)
-
Sistematika penulisan (1)
-
Kemutakhiran pustaka(1)
|
15%
|
||
13
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu melakukan tindak lanjut asuhan
nifas di rumah
|
10.1
Jadwal kunjungan rumah
10.2
Asuhan lanjutan masa nifas di rumah
10.3
Penyuluhan masa nifas
|
-
Kuliah interaktif
-
Tanya jawab
-
Role Play
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
14
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu melakukan cara deteksi dini
komplikasi pada masa nifas
|
11.1
Perdarahan pervaginam
11.2
Infeksi masa nifas
11.3
Sakit kepala, nyeri epigastrik, dan penglihatan kabur
11.4
Pembengkakan di wajah atau ekstremitas
11.5
Demam, muntah, dan rasa sakit waktu berkemih
11.6
Kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama
11.7
Rasa sakit, merah, dan atau pembengkakan
11.8
Gangguan psikologi yang dapat terjadi pada masa nifas
11.9
Payudara yang berubah menjadi merah, panas, dan atau
terasa sakit
|
-
Kuliah interaktif
-
Studi kasus
|
-
Keaktifan (1)
-
Mengemukakanpendapat (2)
|
3%
|
||
15
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar
bendungan ASI
|
12.1
Pengertian
12.2
Etiologi
12.3
Faktor penyebab bendungan ASI
12.4
Gejala bendungan ASI
12.5
Pencegahan bendungan ASI
12.6
Penatalaksaan pada bendungan ASI
12.7
Tehnik perawatan payudara
|
-
Kuliah interaktif
-
Ceramah
-
Tanya jawab
|
-
Keaktifan (1)
-
Sikap (1)
-
Ketepatan jawaban (2)
|
4%
|
||
16
|
FINAL TEST
|
KETEPATAN DAN KEJELASAN JAWABAN
|
15%
|
||||
Total
|
100%
|
||||||
SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KELANGSUNGAN BLOK KAMI.. THANKS SAY :)
No comments:
Post a Comment